Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen

Authors

  • Marde Christian Stenly Mawikere MCSM Ministry

DOI:

https://doi.org/10.46445/ejti.v2i1.95

Keywords:

Kepemimpinan, Pemimpin, Efektif, Efisien, Organisasi.

Abstract

Marde Christian Stenly Mawikere, Effectiveness, Efficiency And Health Relationships Service Organization In Christian Leadership. This article reviews the importance of Christian leadership in service organizations. It highlights the aspects that shape and support the effectiveness, efficiency and health of organizational relationships in Christian Leadership. This article emphasizes that in Christian Leadership it begins on the basis of the decision of God's sovereign grace. A Christian leader is a chosen person based on God's own initiative. In the dictionary (leadership) of Christianity, nothing is "accidental". God who chooses, equips, sends a leader at all times, places, situations, conditions, and arenas, including the XXI century full of these challenges. It is God's work that guarantees the certainty of the existence and performance of Christian leaders! The true Christian leader must also realize that God in the Lord Jesus Christ is the only Great Leader. A visionary leader, having a reliable, capable, and God-fearing character/integrity is increasingly needed in the present. Going back to biblical principles is the true source of that.


Marde Christian Stenly Mawikere, Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen. Artikel ini meninjau pentingnya kepemimpinan Kristen dalam organisasi pelayanan. Di dalamnya menyoroti aspek-aspek yang membentuk maupun mendukung efektivitas, efisiensi dan kesehatan hubungan organisasi dalam Kepemimpinan Kristen. Artikel ini memberi penekanan bahwa dalam Kepemimpinan Kristen dimulai berdasarkan keputusan kedaulatan anugerah Allah. Seorang pemimpin Kristen adalah seorang dipilih berdasarkan inisiatif Allah sendiri. Dalam kamus (kepemimpinan) Kristen, tidak ada yang bersifat kebetulan. Allah yang memilih, memperlengkapi, mengutus seorang pemimpin pada setiap waktu, tempat, situasi, kondisi, dan arena, termasuk pada abad XXI yang penuh dengan tantangan ini. Pekerjaan Allah sajalah yang menjamin kepastian eksistensi dan kinerja pemimpin Kristen! Pemimpin Kristen yang benar harus juga menyadari bahwa Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus adalah satu-satunya Pemimpin Yang Agung. Pemimpin yang visioner, memiliki karakter/integritas yang handal, cakap dan takut akan Tuhan semakin dibutuhkan pada masa kini. Kembali kepada prinsip-prinsip Alkitab merupakan sumber yang benar dalam mewujudkan hal tersebut.

References

Anonimous. t.t. Kepemimpinan yang Melayani. Makalah yang tidak diterbitkan.

Arthanto, H.G. 2002. Pemimpin dan Karakter. Makalah Pelatihan Pengembangan Mentor PESAT, Salatiga: Yayasan PESAT.

Arthanto, H.G. 2004. Kepemimpinan. Makalah Kuliah pada Program Holistic Child Development, Salatiga: STT Terpadu PESAT.

Djadi, J. 2009. “Kepemimpinan Kristen Yang Efektifâ€. Jurnal Jaffray, 7 (1): 16-30.

Lay, A. 2001. Kepemimpinan yang Efektif dalam Pelayanan. Makalah Persekutuan dan Pelatihan Pelayanan PESAT, Bandungan: Yayasan PESAT.

Objantoro, E. 2017. The Contextual Church Leadership. Dalam I P.A. Darmawan (Ed.), Melaksanakan Amanat Agung di Abad 21 (hlm. 123-134). Ungaran: STT Simpson.

Siswanto, K. 2017. Pemimpin yang Sukses dari Perspektif Kepemimpinan Kristen. Dalam I P.A. Darmawan (Ed.), Melaksanakan Amanat Agung di Abad 21 (hlm. 91-102). Ungaran: STT Simpson.

Stott, J. 2000. Isu-isu Global Menantang Kepemimpinan Kristiani. Jakarta: Yayasan Bina Kasih/OMF.

Susabda, Y. 1990. “Tantangan dalam Kepemimpinan dan Manajemen Gerejaâ€, dalam Menuju Tahun 2000: Tantangan Gereja di Indonesia. Bandung: Pusat Literatur Euangeliom GII Hok Im Tong.

Tomatala, Y. 1996. Pemimpin Yang Handal. Jakarta: YT Leadership Foundation/IFTK Jaffray.

Tomatala, Y. 2002. Kepemimpinan Kristen. Jakarta: YT Leadership Foundation/IFTK Jaffray.

Tomatala, Y. 2005. Anda Juga Bisa Menjadi Pemimpin Visioner. Jakarta: Media Penerbit Kristen YT Leadership Foundation.

Tomatala, Y. 2005. Kepemimpinan Yang Dinamis. Jakarta: YT Leadership Foundation/IFTK Jaffray dan Penerbit Gandum Mas Malang.

Tomatala, Y. 2006. Kepemimpinan, Manajemen dan Administrasi Gereja. Makalah Kuliah di ICDS Jakarta, Jakarta: ICDS.

Downloads

Published

2018-02-23

How to Cite

Mawikere, M. C. S. (2018). Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(1). https://doi.org/10.46445/ejti.v2i1.95

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.