Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu

Christina Martha Wajabula, I Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi

Abstract


This article aims to determine the contribution of the play method in improving learning activities and learning outcomes for Sunday School children at the Indria level. Based on the results of field observations, it is known that the activities and learning outcomes of children are not considered good criteria. This is because during the learning process at Sunday Schools, especially at the Indria Level, Sunday School Teachers still apply conventional teaching methods, so that children become bored and pay less attention to what is being taught. This study used a classroom action research method involving 20 children as the research sample. There are two cycles used with four stages starting from planning the action, implementing the action, observing the action and reflecting. The results showed that by applying the play method, children's learning activities increased and children's learning outcomes were also good.

 

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi dari metode bermain dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar anak Sekolah Minggu jenjang Indria. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar anak belum termasuk kriteria yang baik. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran di Sekolah Minggu khususnya di Jenjang Indria, Guru Sekolah Minggu masih menerapkan cara mengajar yang konvensional, sehingga anak menjadi bosan dan kurang memperhatikan apa yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas yang melibatkan 20 anak sebagai sampel penelitian. Ada dua siklus yang digunakan dengan empat tahapan yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bermain, aktivitas belajar anak meningkat dan juga hasil belajar anak menjadi baik.


Keywords


Playing Methods, Learning Activities, Learning Outcomes, Sunday School

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Ayu, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 161-172–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.43

Bayoe, Y. V., Kouwagam, M. L., & Tanyit, P. (2019). Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Jaffray, 17(1), 141. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.327

Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Darmawan, I. P. A., & Kristanti, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran di Sekolah Minggu. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v5i1.38

Darmawan, I. P. A., & Priskila, K. (2020). Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 6(1), 35–46.

Djadi, J. (2007). Metode Pastoral Bagi Anak Sekolah Minggu. Jurnal Jaffray, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.25278/jj71.v5i1.120

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. UPI Press.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1). Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197

Indrawati, R. M. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2068

J. E. Rahael. (2013). Penggunaan Metode Mengajar yang Kreatif (Studi di SMTPI Jenjang Remaja Jemaat GPM Rumahtiga). IAKN Ambon.

Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO, 1(2), 90–100.

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah Rita, & Afandi Muhammad. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak usia dini: Teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana.

Lauw, A. (2014). Motion Comic Kisah Penciptaan Untuk Anak Sekolah Minggu. CALYPTRA, 3(1), 1–6.

Lebar, L. E. (1998). Education that is Christian. David C Cook.

Lie, P. (2009). Mereformasi Sekolah Minggu. Yogyakarta: Andi.

Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p110

Mamangkey, J., Sinsuw, A., Karouw, S., & Tuturoong, N. (2013). Aplikasi E-Visual Aid Sekolah Minggu Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 2(2). https://doi.org/10.35793/jti.2.2.2013.2113

Panuntun, D. F., Tanduklangi, R., Adeng, M., & Randalele, C. E. (2019). Model Ibadah Sekolah Minggu Kreatif-Interaktif bagi Generasi Alfa di Gereja Toraja. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 193–208. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.113

Riniwati, R. (2020). Pembinaan Guru Sekolah Minggu Untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan Pada Anak. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(2), 185. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i2.247

Rohmah, Z. N. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Di SDN Ngadiluwih 02 Kediri (Skripsi, Universitas Jember). Universitas Jember, Jember. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73426

Samples, B. (2002). Revolusi Belajar untuk Anak: Panduan Belajar Sambil Bermain untuk Membuka Pikiran Anak-anak Anda (R. Astuti, Trans.). Bandung: Kaifa.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26

Tinggi, R. (2010). Mengajarkan Injil Kepada Anak Usia Empat Sampai Lima Tahun. Jurnal Amanat Agung, 6(1), 71–86.

Utami, P. W., Muncarno, & Sowiyah. (2013). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. JURNAL SKRIPSI. Retrieved from https://adoc.pub/penerapan-metode-permainan-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-.html

Wenas, M. L., & Darmawan, I. P. A. (2017). Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(2), 118. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.69

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN 2548-7868, e-ISSN 2548-7558


INDEXING

Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat has been registered on:

                               

     

 

 

 

MEMBERSHIP

Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat has been member on:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by Sekolah Tinggi Teologi Simpson. Jl. Agung No. 66, Krajan, Kel. Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Prov. Jawa Tengah (50526)