Model Gaya Hidup Nazir Sebagai Refleksi Gaya Hidup Hedon Pengkotbah Pada Zaman Milenial

Authors

  • Timotius Haryono STT Gamaliel Indonesia
  • Daniel Fajar Panuntun SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA

DOI:

https://doi.org/10.46445/ejti.v3i2.146

Keywords:

Gaya Hidup, Hedon, Nazir, Milenial, Pengkotbah

Abstract

Pada abad ke-21 ini, media baik media cetak maupun media elektronik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sumber ide dan opini secara global dipengaruhi oleh media. Hal ini berimbas kepada masalah gaya hidup (life style). Manfaat emosional dari gaya hidup yang lebih utama daripada manfaat fungsional terjadi pada kalangan konsumen masyarakat Indonesia. Gaya hidup ini juga berdampak pada kehidupan hamba Tuhan. Gaya hidup hamba Tuhan pada masa kini di tengah zaman milenial perlu di kaji ulang sehingga kehidupan hamba Tuhan dapat dijadikan teladan yang baik, benar, dan tepat oleh seluruh orang percaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  gaya hidup hamba Tuhan pada zaman milenal. Melalui  penelitian ini didapatkan model gaya hidup hamba Tuhan pada zaman milenial. Model gaya hidup tersebut dideskripsikan  berdasarkan prinsip, langkah-langkah, dan motivasinya.

 

References

Annisa, Renny. 2014. “Alasan Gaya Hidup Konsumen dalam Mengkonsumsi Kebaya Sebagai Barang Mewahâ€, Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 12, No 3.

Bernatta, Ratu Aulia Rahmani, 2017.“ Gaya Hidup Hedonis di Kalangan Remaja (Studi Pada Komunitas Mobil LSC 81 Club), Skripsi, Lampung : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Dukcapil, 2016. Profil Perkembangan Kependudukan Kota Surakarta Tahun 2016. (Surakarta:Pemerintah Kota Surakarta)

Crank, David. 1985. Goodly Finances and the Bible Way to Pay off Your Home, USA : David Crank Publication.

Fleming, Don. 2005.Bridge Way Bible Commentary, (Brisbane: Bridge Way Publication.

Goenawan,Felicia. 2008. â€Nilai dan Gaya Hidup Masyarakat di Dalam Mediaâ€, Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol 2, No 2.

Gunawan, Ivan Kristianto Et al. 2015. “Representasi Gaya Hidup Mewah dalam Iklan Televisi Es Krim Magnum Versi “Magnum Classicâ€, Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1.

Gray, James M. 1999. The concice Bible Commentary: A Clear and Understandable Overview of the Old and New Testaments Complete in one Volume, California: Hendricson Pub.

Henry,Matthew.2005. Matthew Henry’s Concise Commentary on The Bible, Grand Rapids, MI: Christian Classics Ethereal Library.

Jamieson, Robert et al. 2009. Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible, Grand Rapid, MI : Christian Classics Ethereal Library.

Lumintang, Stevri Indra dan Danik Astuti Lumintang,.2016. Theologia penelitian dan Penelitian Theologis science-ascience serta metodologinya, Jakarta: Geneva Insani Indonesia.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California. SAGE publications Inc.

Ming, W.S. 2011. “Consumption of Luxury Fashion Brands: The Motives of Generation Y Consumers in China.†Thesis. Auckland University of Technology Masterof Business.

Nugroho, Fibry Jati. 2019. Gereja dan Kemiskinan: Diskursus Peran Gereja Di Tengah Kemiskinan. : Jurnal dan Pembinaan Warga Jemaat. Vol 3. No 1.

Nurdin. 2005.Guru Profesional & ImplementasiKurikulum Jakarta: Quantum Teaching.

Perpustakaan Online Menara Pengawal, Nazir, Diakses darihttps://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/1200003191. Pada 14 Ferbruari 2019. Pukul 08.58.

Ronda, Daniel. 2019. “Kepemimpinan Kristin di Era Disrupsi Teknologi.†: Jurnal dan Pembinaan Warga Jemaat, Vol 3. No 1.

Sitanggang, Murni Hermawaty, dan Juantini. 2019. “Citra Diri Menurut Kejadian 1 : 26-27 dan Aplikasinya Bagi Pengurus Pemuda Remaja GPdI Hebron Malang.†: Jurnal dan Pembinaan Warga Jemaat, Vol 3. No 1.

Solihin, Olih. 2015. “Terpaan Iklan Mendorong Gaya Hidup konsumftif Masyakarat Urbanâ€, Jurnal Ilmu Politik dan komunikasi,.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta.

Tandhiy, Jamin. 2017. “Profesionalisme Hamba Tuhanâ€, Melaksanakan Amanat Agung di Abad 21: Bunga Rampai. Semarang: Sekolah Tinggi Simpson.

Wright, R. 2006. Consumer Behaviour, Hampshire: Cengage learning EMA.

Downloads

Published

2019-07-31

How to Cite

Haryono, T., & Panuntun, D. F. (2019). Model Gaya Hidup Nazir Sebagai Refleksi Gaya Hidup Hedon Pengkotbah Pada Zaman Milenial. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), 175–185. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i2.146

Issue

Section

Article