Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.962Keywords:
Sekolah, peningkatan mutu pendidikan, Peran MasyarakatAbstract
Penelitian ini fokus pada peran masyarakat, khususnya orang tua murid, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Susukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan komite sekolah, orang tua murid, dan pelaksana sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat signifikan dalam pengambilan keputusan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan peningkatan sarana prasarana. Selain itu, orang tua aktif berpartisipasi dalam musyawarah untuk merumuskan kebijakan pendidikan, yang menciptakan hubungan harmonis antara sekolah dan masyarakat. Penelitian juga menemukan bahwa partisipasi orang tua dalam program-program luar kelas dan akreditasi sekolah berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Keterlibatan ini tidak hanya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, tetapi juga memperkuat rasa kepemilikan orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar sekolah terus mengembangkan forum diskusi untuk melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan. Selain itu, penting bagi pihak sekolah untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dengan masyarakat guna mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.
References
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Azhar, A., Hutagaol, A. L., Manurung, S. R. R., Nazri, E., & Amiruddin, A. (2022). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1451–1457. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2167
Darmawan, I. P. A., Rukayah, R., & Susilowati, S. (2016). Total Quality Management at Solafide School Elementary School. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 193–204. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/15
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Eden, C. A., & Ayeni, O. O. (2024). Social research in primary education management: understanding community needs and priorities. World Journal of Advanced Research and Reviews, 21(3), 503–511. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.21.3.0715
Emiyati, A. (2024). Wawancara Tentang Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD.
Hardiyanti, D. (2021). Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 2(1), 21. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1618
Istiqomah. (2024). Wawancara Tentang Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar.
Mariana, D. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Kebijakan. CosmoGov, 1(2), 216. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v1i2.11834
Nawaroni, K. A., Safiyah Riyantini, Salfen Hasri, & Sohiron Sohiron. (2022). Peran Akreditasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kota Batam. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 408–421. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.51
Nur. (2024). Wawancara Tentang Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar.
Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129
Renny. (2024). Wawancara Tentang Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar.
Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p293
Sitorus, M. A., & Hutasoit, E. F. (2021). Upaya Menekan Permasalahan Kependudukan Di Masyarakat Melalui Peningkatan Akses Pendidikan Nonformal. Research and Development Journal of Education, 7(2), 474. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10565
Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485
Triwiyanto, T., Nurabadi, A., Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., Arafik, M., & Pramono. (2023). Sistem Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Kepemimpinan, dan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 117–125. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.54509
Wewe, M., Noge, M. D., Awe, E. Y., & Lawe, Y. U. (2021). Kegiatan Pendampingan Penyusunan Dokumen Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Di Sd Negeri Late. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 116–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.264
Yanuartri, D., Jufri, A. W., & Syuaib, M. Z. (2016). Kontribusi Partisipasi Orangtua Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v1i1.8
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yusuf, R. N., & Qomariah, D. N. (2023). Kontekstualisasi Keterlibatan Orang Tua melalui Sharing Session pada Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10584–10596. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3274
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devisiana Devisiana, Leiria Meisyani, Dinus Magay, Riniwati Riniwati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.