Perspektif Alkitab Tentang Kesetaraan Gender dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen

Yunardi Kristian Zega

Abstract


Gender equality is still an interesting issue to be discussed today. Most people, especially those living in various regions in Indonesia, still misinterpret this. Gender equality is seen as an act that puts women first. In Christian circles, this thought is caused by Christian leaders in the past who gave teachings about gender who had unfair treatment between men and women. To provide a solution to these problems, the author uses qualitative research with the literature study method. The author finds that, gender is a characteristic that can be exchanged between each other and can be shared by both. Allah distinguishes the sexes but does not differentiate between the roles of the two. Thus, PAK plays a vital role in building gender understanding in the family and community, especially in the field of education, and in the field of education.

 

Abstrak

Kesetaraan gender masih menjadi isu menarik untuk diperbincangkan hingga saat ini.  Sebagian besar masyarakat khususnya yang tinggal di berbagai wilayah di Indonesia, masih salah mengartikan hal tersebut. Kesetaraan gender seolah-olah dianggap sebagai tindakan menomorsatukan perempuan. Dalam lingkungan Kristen, pemikiran ini disebabkan karena adanya para tokoh Kristen di masa lalu yang memberikan ajaran tentang gender yang membuahkan perlakuan tidak adil antara laki-laki dengan perempuan. Untuk memberi solusi permasalahan tersebut, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Penulis menemukan bahwa, gender adalah sebuah karakteristik yang dapat saling dipertukarkan antara satu sama lain dan dapat dimiliki oleh keduanya. Allah membedakan jenis kelamin manusia tetapi tidak membedakan peran antara keduanya. Dengan demikian, PAK berperan penting untuk membangun pemahaman kesetaraan gender di dalam lingkungan keluarga, masyarakat khususnya di bidang pendidikan, dan di gereja.


Keywords


bible; gender; Christian education

Full Text:

PDF

References


Barth, C., & Barth, M. C. (2017). Teologi Perjanjian Lama 1. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Boehlke, R. R. (2018). Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Bruce, F. F. (2012). Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester, Terj. W.B Sijabat. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

De Vries, D. W. (2006). Gender Bukan Tabu: Catatan Perjalanan Fasilitasi Kelompok Perempuan di Jambi. Bogor: Center For International Foresty Research.

Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Maiyyah, 7(2), 142–165.

Fauziah, R., Mulyana, N., & Raharjo, S. T. (2015). Pengetahuan Masyarakat Desa Tentang Kesetaraan Gender. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13536

Gunawan, L. (2017). Kesetaraan dan Perbedaan Laki-laki dan Perempuan: Kritik terhadap Gerakan Feminisme. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 3(2), 288. https://doi.org/10.33550/sd.v3i2.39

Herdiansyah, H. (2016). Gender Dalam Perspektif Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Indrapangastuti, D. (2014). Praktek dan Problematik Pendidikan Multikultural di SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614

Jones, H. R. (2012). Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Kalintabu, H. (2020). Kajian Teologis Tentang Perempuan dan Peranannya dalam Pendidikan Agama Kristen Gereja. Jurnal Shanan, 4(1), 57–72. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1768

Kania, D. D. (2012). Isu Gender : Sejarah Dan Perkembangannya.

Murfi, A. (2014). Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Kristen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 267. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.267-288

Nainggolan, J. P., & Zega, Y. K. (2021). Konsep Kelompok Sel Sebagai Revitalisasi Pendidikan Agama Kristen Dalam Gereja. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 15–29.

Pranoto, M. M. (2020). Sisi Gelap Kepemimpinan Pentakostal-Karismatik. GEMA TEOLOGIKA: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Filsafat Keilahian, 5(2), 175. https://doi.org/10.21460/gema.2020.52.583

Putri, D. P. K., & Lestari, S. (2015). Pembagian Peran Dalam Rumah Tangga Pada Pasangan Suami Istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(1), 72–85. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i1.1523

Remiswal. (2013). Menggugah Partisipasi Gender di Lingkugan Komunitas Lokal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Samarinda: Penerbit Garudhawaca.

Rumiati. (2016). Sosio Antropologi Pendidikan Suatu Kajian Multikultural. Malang: Gunung Samudera.

Telnoni, B. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 4(2), 167–179. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.153

Wibowo, F. (2015). Gender dalam Perspektif Yahudi.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. JURNAL LUXNOS, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145

Zubaedah, S. (2010). Mengurai Problematika Gender Dan Agama. Jurnal Studi Gender & Anak, 5(2), 243–260.




DOI: https://doi.org/10.46445/djce.v2i2.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yunardi Kristian Zega

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

Didache: Journal of Christian Education has been registered on: