Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius

Lenda Dabora J.F. Sagala, Kiki Priskila, Aprianty Susanty, Julia Kristina

Abstract


Professionalism of Christian religious teachers is very important and the Bible presents an idea in 1 Timothy about professionalism of teachers. The author uses a text analysis approach to find these ideas. A professional teacher is a teacher who is diligent in teaching and is in line with pedagogical competence, then the teacher also has a good personality so that he can be an example, and diligently doing self-development. This is in line with aspects of professional teachers whose pedagogical, social, professional and personality competencies.

 

Profesionalitas guru agama Kristen sangatlah penting dan Alkitab menyajikan sebuah gagasan dalam surat 1 Timotius tentang profesionalitas guru. Penulis menggunakan pendekatan analisis teks untuk menemukan gagasan tersebut. Seorang guru profesional adalah seorang guru yang tekun mengajar dan ini sejalan dengan kompetensi pedagogis, kemudian guru juga memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat menjadi teladan, dan tekun melakukan pengembangan diri. Hal itu sejalan aspek guru profesional yang kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian.


Keywords


Professionalism; Christianity Teacher; 1 Timothy

Full Text:

PDF

References


Arichea, D. D. C., & Hatton, D. H. A. (2004). Pedoman Penafsiran Alkitab: Surat-surat Paulus kepada Timotius dan kepada Titus. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Darmawan, I. P. A. (2014). Menjadi Guru Yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup.

Degeng, I. N. S., & Darmawan, I. P. A. (2017). Peningkatan Profesionalisme Pendidik Melalui Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers., Ungaran. Retrieved from http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/16

Karo, S. K.-, & Panjaitan, D. (2020). Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pertumbuhan Spiritual Siswa. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, 2(1), 36–47.

Kia, A. (2017). KAJIAN TEOLOGIS-PEDAGOGIS TENTANG KUALIFIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERDASARKAN PENGAJARAN PAULUS TERHADAP TIMOTIUS LAPORAN PENELITIAN [Experiment]. Retrieved 11 May 2020, from http://repo.uki.ac.id

Kurniawati, Y. R. (2017). Konsep Guru Prefesional dalam Pendidikan Kristen. Profesionalisme Dan Revolusi Mental Pendidik Kristen. Presented at the Seminar Nasional dan Call for Papers, Ungaran.

Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2). Retrieved from http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/797

Munte, B. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 9, N0. 3. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/download/345/258

Purwanto, H. (2016). Manfaat Penelitian Untuk Perkembangan Gereja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen & call for papers, Ungaran.

SABDA (OLB versi Indonesia) (Version 5.10.00.03). (2016). Surakarta: Yayasan Lembaga Sabda.

Samarenna, D., & Siahaan, H. E. R. (2019). Memahami dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 bagi Mahasiswa Teologi. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.60

Sirait, J. E. (2016). Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif dan Menarik. Regula Fidei, 1(1), 33–62. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v1i1.141

Strong, J. (2009). Strong’s Exhaustive Concordance to the Bible. Nashville, Atlanta, London, dan Vancouver: Hendrickson Publishing.

Sulasmono, B. S. (2017). Kebijakan Pemerintah Tentang Profesionalisme Pendidik. Profesionalisme Dan Revolusi Mental Pendidik Kristen. Presented at the Seminar Nasional PAK II dan Call for Papers, Ungaran.

Talizaro, T. (2018). Peran Gembala Sidang dalam Mengajar dan Memotivasi untuk Melayani Terhadap Pertumbuhan Rohani Pemuda. EVANGELIKAL: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, Vol. 2, No. 1. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/231150629.pdf

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434

Widiyanto, M. A., & Darmawan, I. P. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Mengajar terhadap Prestasi Kerja Guru Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 179–187. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p179-187

Wijaya, H. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38.




DOI: https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lenda Dabora J.F. Sagala, Kiki Priskila, Aprianty Susanty, Julia Kristina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

Didache: Journal of Christian Education has been registered on: