Pengaruh Pemahaman Tentang Psikologi Perkembangan Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Pada Gereja Baptis Indonesia Di Kota Semarang
Keywords:
Guru Indria, Psikologi Perkembangan, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pemahaman guru-guru sekolah minggu kelas indria tentang psikologi perkembangan anak terhadap pelaksanaan strategi pembelajaran di Gereja-gereja Baptis Indonesia se-wilayah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan ancangan positivis kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil temuan menunjukkan: 1) Ada pengaruh yang cukup kuat antara pemahaman guru-guru sekolah minggu kelas indria tentang psikologi perkembangan anak terhadap penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan usia perkembangan anak. 2) Guru-guru sekolah minggu kelas indria cukup memiliki pemahaman tentang psikologi perkembangan anak. 3) Guru-guru sekolah minggu kelas indria tidak selalu atau hanya kadang-kadang menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan usia perkembangan anak. Hasil penelitian bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk membuat suatu rencana strategis guna meningkatkan profesionalisme guru sekolah minggu terutama dalam memahami psikologi perkembangan anak guna menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak indria.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karnawati Karnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.