Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalitas Guru

Authors

Keywords:

Profesionalitas, Kinerja, Pengalaman Mengajar, Supervisi, Motivasi Guru

Abstract

Kinerja guru yang berkualitas merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan di Indonesia. Melalui penelitian ini, penulis akan memaparkan apa saja faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi literatur. Proses pemilihan literatur dilakukan dengan dua cara yaitu: (1) mengumpulkan hasil-hasil penelitian yang paling relevan, relevan, dan cukup relevan; (2) mengumpulkan hasil penelitian dan mengklasifikasinya berdasarkan tahun dengan diawali hasil penelitian yang paling muktahir kemudian ke tahun yang lebih lama. Untuk mengetahui apakah sumber pustaka tersebut paling relevan, relevan, dan kurang relevan, penulis melakukan analisis terhadap abstrak dari setiap data literatur yang dikumpulkan. Adapun proses dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kemudian konseptualisasi yang selanjutnay dianalisis dan hasil analisis kemudian dideksipsikan serta disimpulkan. Adapun data literatur yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah dan prosiding seminar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal yang memaparkan hasil penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian
dianalisis dengan meta analisis. Profesionalitas guru dipengaruhi oleh (1) Pengalaman Mengajar; (2) Jenjang Pendidikan dan Pelatihan; (3) Lesson Study; (4) Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah; (5) Minat dan Motivasi Guru.

Author Biography

I Putu Ayub Darmawan, (Scopus ID: 58076350100) Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Scopus ID: 58076350100
Web of Science: 1397394
Sinta ID: 17897
Google Scholar: 8g7Zpo8AAAAJ
Orcid ID: https://orcid.org/0000-0002-9467-8925

I studied Christian education, theology, and education management. I am very interested in methods and technologies that support the development of (a) Christian education and (b) educational theology. My goal is to advance Christian education through research, design, and meaningful teaching and learning practices in classrooms, communities, homes, and digital/online spaces. I am a teacher at Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia.

Education
Dr. Sekolah Tinggi Filsafat Theology Jaffray Makassar, Indonesia
2013 - M.Pd. S2 di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
2009 - S.Pd.K. Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia

Competence
Church Education, Christian Education, Theological Education, Multidisciplinary Research, Philosophy of Education, Practical Theology

Downloads

Published

2017-07-10