Peningkatan Profesionalisme Pendidik Melalui Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah

Authors

  • I Nyoman Sudana Degeng Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Keywords:

Profesionalisme pendidik, Penelitian, Publikasi

Abstract

Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik, perlu ada sebuah usaha yang baik. Salah satu permasalahan yang berkaitan dengan profesionalisme pendidik adalah rendahnya penelitian dan publikasi guru maupun dosen. Permasalahan ini terjadi pada pendidikan umumnya di Indonesia. Kemudian pemasalahan yang terkait dengan hal ini adalah adanya kebingungan untuk memilih atau menemukan topik-topik penelitian yang menarik dan muktahir. Penelitian dan penulisan karya ilmiah merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme guru. Oleh sebab itu melalui artikel ini akan diuraikan beberapa topik menarik dan muktahir penelitian dalam bidang pendidikan. Melalui artikel ini penulis menguraikan sembilan topik menarik dan muktahir dalam penelitian pendidikan. Sembilan topik tersebut adalah konsep belajar, konsep mengajar, konsep kurikulum, standar proses, indikator keberhasilan belajar-mengajar, orkestra belajar-mengajar kreatif, model orkestra belajar-mengajar, konteks belajar, dimensi isi. 

Downloads

Published

2017-07-10