Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Gembala Dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Rohani Siswa

Authors

  • Maria Martha Antak Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang Kal-bar

Keywords:

profesional, guru PAK, gembala, pertumbuhan rohani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai gembala dalam meningkatkan pertumbuhan rohani siswa. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya karakter dan kompetensi guru PAK dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan spiritual siswa, mengingat tantangan yang dihadapi remaja di era modern. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan stud pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK yang berperan sebagai gembala tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajar, tetapi juga untuk membimbing dan mendukung siswa dalam perjalanan spiritual mereka. Penemuan ini menegaskan bahwa pendekatan yang mencerminkan nilai-nilai Kristiani oleh guru dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan inspiratif, sehingga mendorong siswa untuk menginternalisasi ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru PAK untuk meningkatkan keterampilan pedagogis dan kemampuan interpersonal mereka dalam menjalankan peran gembala secara efektif.

 

References

Adu, S. C., Fernando, A., & Triposa, R. (2022). Etis Teologis Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Bagi Peserta Didik. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52960/a.v2i1.92

Alisyah, A., & Riniwati, R. (2024). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pancasila. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.856

Barker, J. A. (1999). Paradigma. Interaksara.

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697

Effendy, O. U. (2004). Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Hocking, D. (1999). Rahasia Keberhasilan Seorang Pemimpin: 7 Hukum Kepemimpinan Rohani. ANDI.

Irianto, H. D. (2012). Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Erlangga.

James, J. (1998). Thinking in thefuture tense leadership: Skiil menyonsong milinium baru. Gramedia.

Joni, R. (1989). Profesi Guru di Indonesia: Tawaran dan Tantangannya dalam Analisis CSIS.

Koebanu, D. I., & Saingo, Y. A. (2024). Signifikansi Model Blended Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Lembaga Pendidikan. Jurnal Kala Nea, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.61295/kalanea.v5i1.148

M, P. B. (2024). Penafsiran Terhadap Galatia 6:2 Berdasarkan Teori Taksonomi Bloom dan Relevansinya Bagi Pendidikan Anak Usia Remaja. Jurnal Kala Nea, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.61295/kalanea.v5i1.140

Maltz, M. (1996). Memutar Ajaib Psikologi Citra Diri. Mitra Utama.

Mensah, G. (2003). Dicari Pemimpin yang Menjadi Pelayan. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Nainggolan, J. M. (2009). PAK dalam Masyarakat Majemuk. Bina Media Informasi.

Nehe, R., & Antak, M. M. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Pertumbuhan Kerohanian Anak Berdasarkan Ulangan. Jurnal Kala Nea, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.61295/kalanea.v5i1.146

Rahmelia, S., Prihadi, S., & Nopitha, N. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142

Rodgres, B. (1996). Menggali yang Terbaik dari Diri Sendiri dan Orang Lain. Mitra Utama.

Rose, L. (1996). Menggali Potensi Citra Pribadi Berkualitas. Pustaka Kartini.

Salim, P., & Salim, Y. (1991). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Modern English Press.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Simanjuntak, R. (2019). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56

Simarmata, T. M., Barasa, T., & Naibaho, D. (2023). Pengaruh Profesionalisme Guru PAK Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sitio-Tio Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(4), 55–69. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i4.1410

Staples, W. D. (1994). Berpikir sebagai Pemenang. Pustaka Tengga.

Stott, J. (2015). Isu-Isu Global. Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

Suhartono, S. (2022). PENERAPAN STRATEGI DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/lumen.v1i1.58

Telaumbanua, A. (2019). Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.45

Tim Penyusun. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Tomatala, Y. (1998). Manusia Sukses. YT Leadership Foundation.

Wasitohadi, W. (2014). HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61

Downloads

Published

2024-12-12