Membangun Strategi Misi Kontekstual Bagi Generasi Z: Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.969Keywords:
Misi Kontekstual, Generasi Z, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Generasi Z, sebagai digital native, memiliki karakteristik unik yang membutuhkan pendekatan misi yang kontekstual dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi misi kontekstual bagi Generasi Z dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan pendekatan deskriptif-kualitatif berbasis literatur, penelitian ini menyoroti penggunaan media sosial, podcast, komunitas virtual, dan kolaborasi dengan key opinion leaders (KOL) dijadikan sebagai metode yang efektif dalam menjangkau generasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis teknologi mampu meningkatkan keterlibatan dan daya tarik pesan Injil bagi Generasi Z, terutama melalui konten yang autentik, transparan, dan interaktif. Namun, tantangan seperti etika penggunaan teknologi, kecanduan media, dan kebutuhan akan literasi digital tetap menjadi perhatian utama. Penelitian ini merekomendasikan gereja dan organisasi misi untuk mengintegrasikan TIK secara bijaksana dalam pelayanan, sembari mendorong penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan ini dalam berbagai konteks budaya.
References
Anderson, A. H. (2017). Contextualization in Pentecostalism: A Multicultural Perspective. International Bulletin of Mission Research, 41(1), 29–40. https://doi.org/10.1177/2396939316674428
Deloitte. (2021). Deloitte. (2021). Generation Z and the Future of Digital Communication. Deloitte Global Report. Deloitte Glpbal Report.
Djafarova, E., & Foots, S. (2022). Exploring ethical consumption of generation Z: Theory of planned behaviour. Young Consumers, 23(3), 413–431. https://doi.org/10.1108/YC-10-2021-1405
Franky, F. (2023). Prinsip Teologi Multikultural sebagai Fondasi bagi Kehidupan Menggereja Di Tengah Keragaman. HUPERETES: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.46817/huperetes.v4i2.182
Grenz, S., Guretzki, D., & Nording, C. F. (1999). Pocket Dictionary of Theological Terms. (Downers Grove: Ill. : InterVarsity Press, 1999). 29. InterVarsity Press.
Gultom, J. M. P., Widjaja, F. I., Novalina, M., Situmorang, E. L., & Natassha, Y. (2022). Pastoral Strategy in Developing the Dimension of Understanding Generation Z. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.46445/ejti.v6i1.472
Gunawan, I. A. N., Suryani, & Shalahuddin, I. (2022). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gangguan Psikososial Pada Remaja: A Narrative Review. Jurnal Kesehatan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.17426
Hendrastomo, G., & Januarti, N. E. (2023). The Characteristics of Generation Z Students and Implications for Future Learning Methods. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(2), 484–496. https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.7745
Juprianto, J., Wijaya, H., Supartini, T., & Hana, S. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa di UPTD SMPN 16 Mandai Maros Sulawesi Selatan. Jurnal Kala Nea, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.61295/kalanea.v4i1.122
Karlau, S. A. (2023). Konstruksi Misi Integral Menurut Matius 9:35-36. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.30648/dun.v8i1.959
Kristanto, D. W., & Pujiono, A. (2023). Literasi Agama Melalui Media Sosial dan Dampaknya Pada Anak Muda Kristen. Jurnal Salvation. https://doi.org/10.56175/salvation.v4i1.103
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lobang, M. M., & Camerling, Y. F. (2021). Media Pembelajaran dan Kurikulum Pendidikan Jemaat dalam Gereja Berbasis Online untuk Menghadapi Perubahan Globalisasi Abad ke-21. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 61–78.
Margareta, M., & Lie, R. (2023). Pelayanan Misi Kontekstual di Era Masyarakat Digital. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 44–60.
Marpaung, K., & Rahma, T. I. F. (2023). Pengaruh Gengsi, Diskon, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumerisme Generasi Z di Kalangan Mahasiswa Manajemen. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.182
Mawikere, M. C. S. (2022). Menelaah Dinamika Kontekstualisasi Sebagai Upaya Pendekatan Penginjilan Yang Memberdayakan Budaya Penerima Injil. Dunamis Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 496–512. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.554
McKinsey, & Company. (2022). How Gen Z Is Changing the Workplace. https://www.mckinsey.com.
Octaviani, A. (2021). From Cafe to the Mosque: The Construction of Dakwah Digital Communication of Shift Community. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 21(2), Article 2.
Oktavia, N. A., Muhid, A., & Hamidah, L. (2021). Cyber-Religion Pada Generasi Z: Kontribusi Mindfulness Terhadap Penggunaan Akun Dakwah Jejaring Sosial Sebagai Referensi Keagamaan. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 6(1), 108. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i1.7939
Pambudi, R. (2023). Dampak Etika Siber Jejaring Sosial Pada Pembentukan Karakter Pada Generasi Z. Jurnal Syntax Imperatif Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 289–300. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.262
Patty, A. C., Kwalomine, A. L., & Gomies, S. J. (2023). Akuntabilitas Pengelolaan Perpuluhan Jemaat. Journal of Business Application, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51135/jba.v2.i2.p189-199
Pew Research Center. (2021). Gen Z, Millennials Stand Out for Climate Change Activism, Social Media Engagement With Issue | Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/science/2021/05/26/gen-z-millennials-stand-out-for-climate-change-activism-social-media-engagement-with-issue/
Ridwan, I. M. (2021). ANALISIS NARASI VISUAL PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT STEREOTIPE-Z. Wacadesain, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.51977/wacadesain.v2i1.406
Romario, R., & Aisyah, L. (2019). KOMIK ISLAM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: Dakwah Kreatif Melalui Komik. 6, 98–119. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i2.2588
Sembodo, J., & Saptorini, S. (2021). Strategi Misi Orang Percaya dalam Mengaktualisasi Amanat Agung di Era New Normal. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v5i1.240
Siswanto, E. (2014). Good University Governance Prinsip Dan Implementasi Dalam Penggalian Pendapatan. Gunung Samudera.
Suhartono, S., Supratno, H., Yuwana, S., Pairin, U., & Munir, A. (2022). Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Deskripsi sebagai Bahan Ajar Kontekstual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP/MTs. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.891
Tansi, F. G., & Beriang, S. (2023). Minimnya Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Injil oleh Pemuda Kristen di Abad 21. Jurnal Kala Nea, 4(1), Article 1.
Tanudjaja, R. (2000). Kontekstualisasi Sebagai Sebuah Strategi Dalam Menjalankan Misi: Sebuah Ulasan Literatur. Veritas Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.36421/veritas.v1i1.32
Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 831. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i07.p08
Tobi, O. R., Dju, O. A., Kote, I. E. P., & Tanhidy, J. (2021). Strategi Misi William Carey di India dan Implikasinya Bagi Pelayanan Misi Masa Kini. Jurnal Kala Nea, 2(1), Article 1.
Tomatala, Y. (2003). Teologi Misi: Pengantar Misiologi (Suatu Dogmatika Alkitabiah Tentang Misi, Penginjilan dan Pertumbuhan Gereja). YT Leadership Foundation. //library.pib.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D3626
Tomatala, Y. (2004). Penginjilan Masa Kini Jilid 1 & 2. Gandum Mas.
Tomatala, Y. (2021). Pendekatan Kontekstual Dalam Tugas Misi Dan Komunikasi Injil Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 2(1), 33. https://doi.org/10.46445/jtki.v2i1.387
Uling, M., Yatmini, Y., & Gea, L. D. (2022). Pendekatan Kotekstualisasi Misi Bagi Kaum Milenial. Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52157/mak.v1i1.166
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suwin Suwin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.