Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Dalam Perspektif Teologi Dan Pendidikan Kristen
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.967Keywords:
kualitas hidup, perspektif teologi, pendidikan KristenAbstract
Artikel ini membahas tentang kualitas hidup Kristen, yang merupakan konsep multidimensional mencakup aspek fisik, mental, sosial, dan spiritual. Penelitian ini mengidentifikasi masalah utama yang mempengaruhi kualitas hidup, termasuk dosa, ketidakadilan sosial, materialisme, kecemasan, dan hubungan yang rusak. Dosa dianggap sebagai faktor utama yang memisahkan individu dari Tuhan dan merusak interaksi antarmanusia. Ketidakadilan sosial berkontribusi pada penderitaan yang berkepanjangan, sedangkan materialisme dan konsumerisme mengganggu makna hidup. Kecemasan dan ketakutan juga menjadi tantangan signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup. Kesehatan spiritual adalah indikator utama dalam menilai kualitas hidup Kristen. Praktik spiritual seperti doa dan ibadah berperan penting dalam membangun hubungan yang erat dengan Tuhan. Selain itu, rasa syukur dan kepuasan terhadap hidup berkontribusi pada peningkatan kesehatan mental dan emosional individu. Karakter yang mencerminkan nilai-nilai Kristiani, seperti kasih dan keadilan, serta dukungan sosial dari komunitas, sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup Kristen secara keseluruhan. Dengan demikian, kualitas hidup Kristen dapat ditingkatkan melalui pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek spiritual dan sosial dalam kehidupan sehari-hari.
References
Afiyanti, Y. (2010). Analisis Konsep Kualitas Hidup. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2), 81–86. https://doi.org/10.7454/jki.v13i2.236
Anderson, L., Loekmono, J. T. L., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Quality Of Life Dan Religiusitas Secara Simultan Terhadap Subjective Well Being Mahasiswa Teologi. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 14. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.194
Arifianto, Y. A. (2020). Kajian Biblikal tentang Manusia Rohani dan Manusia Duniawi. Jurnal Teruna Bhakti, 3(1), 24. https://doi.org/10.47131/jtb.v3i1.51
Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen dan Perundungan di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 149–163. https://doi.org/10.38189/jan.v1i2.73
Aulu, R. N. E., & Selan, S. (2023). Pengorbanan Sejati sebagai Jalan Rekonsiliasi dalam Berelasi dan Berinteraksi: Suatu Perspektif Teologis-Biblis. Jurnal Teologi Injili, 3(1), 50–65. https://doi.org/10.55626/jti.v3i1.52
Barth, K. (2003). Church Dogmatics I.1: The Doctrine of the Word of God (T. F. Torrance & G. W. Bromiley (eds.)). T&T Clark.
Baskoro, P. K. (2021). Refleksi Teologis Kitab Hosea Tentang Peran Tuhan Terhadap Kekudusan. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 25–37. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.2
Belay, Y., Hermanto, Y. P., & Rivosa, R. (2021). Spiritualitas Alkitabiah Sebagai Hakikat Kepemimpinan Kristen Masa Kini. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 183–205. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.204
Bonhoeffer, D. (2012). The Cost of Discipleship. Simon and Schuster.
Budiman, S., & Objantoro, E. (2021). Implikasi Makna Sabat bagi Tanah dalam Imamat 25:1-5 bagi Orang Percaya. Jurnal Teruna Bhakti, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.47131/jtb.v3i2.60
Darmawan, I. P. A. (2019). Pendidikan Perdamaian Dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.82
Doma, Y., & Christiani, A. (2022). Iman Kristen Sejati: Proses Bertumbuh Dan Berbuah Dalam Kebenaran Berdasarkan Matius 13:24-30. SAINT PAUL’S REVIEW, 2(2), 99–111. https://doi.org/10.56194/spr.v2i2.32
Emina, K. A. (2023). The Ethical Values and Leadership Practices in Deuteronomy. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.46445/ejti.v7i1.584
Engkartini, E., Rahayu Ningtiyas, A., & Irawansah, O. (2023). Hubungan Tingkat Stres Dan Tingkat Spiritualitas Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita DM Tipe 2 Di Puskesmas Cilacap Utara. JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(1), 53–59. https://doi.org/10.51771/jintan.v3i1.466
Febriana, M. (2020). Pietas Dan Caritas : Pelayanan Diakonia Sebagai Suatu Implementasi Kepedulian Sosial Gereja Untuk Menolong Meretas Angka Kemiskinan Di Indonesia. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 2(2). https://doi.org/10.47596/solagratia.v2i2.26
Gutierez, G. (1988). A Theology of Liberation: History, Politics, and Salvation. Orbis Books.
Hendrawan, A. Y., Wenas, M. L., & Gunawan, G. (2023). Integration of Christ’s Love in Family Discipleship to Overcome Fear of Missing Out (FOMO) in Generation Z. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.46445/ejti.v7i2.443
Hidayat, F. S., Priambodo, A. P., & Nurhakim, F. (2020). Gambaran Kualitas Hidup Masyarakat Korban Banjir. Journal of Nursing Care, 3(3). https://doi.org/10.24198/jnc.v3i3.25680
Keller, T. (2012). Every Good Endeavor: Connecting Your Work to God’s Work. Dutton.
Kia, A. D. (2017). Kajian Teologis-Pedagogis Keteladanan Rasul Paulus Dalam Penginjilan Dan Relevansinya Bagi Pendidik Kristen Masa Kini. Jurnal Shanan, 1(2), 74–102. https://doi.org/10.33541/shanan.v1i2.1493
Kim, P. J. (2022). The Role of Christians in The Correlation between The Notion of Lex Orandi, Lex Credendi, Lex Vivendi and The Commitment of Cape Town. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 6(2), 85–93. https://doi.org/10.46445/ejti.v6i2.490
Kurniasari, M. A., Murti, B., & Demartoto, A. (2016). Association Between Participation in HIV/ AIDS Peer Group, Stigma, Discrimination, and Quality Life of People Living with HIV/ AIDS. Journal of Epidemiology and PublicHealth, 01(02), 125–132. https://doi.org/10.26911/jepublichealth.2016.01.02.06
Labobar, K. (2024). DAMAI Model as a Prototype of Religious Moderation. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 8(1), 76–90. https://doi.org/10.46445/ejti.v8i1.738
Labobar, K., & Darmawan, I. P. A. (2022). DAMAI Model: A Conflict Resolution towards Peaceful Indonesia. GNOSI: An Interdisciplinary Journal of Human Theory and Praxis, 5(2), 15–27. http://www.gnosijournal.com/index.php/gnosi/article/view/188
Lasut, S., Hardori, J., Sugiono, S., Gratia, Y. P., & Eldad, C. (2021). Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(2), 206–225. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.273
Luther, M. (2011). Katekismus Besar Martin Luther (Cet. 7). BPK Gunung Mulia.
Mawikere, M. C. S. (2017). Perbandingan Teologi Keselamatan Antara Katolik Dan Protestan Sebelum Dan Sesudah Gerakan Reformasi. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(1), 1–18. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/52
Moltmann, J. (1993). The Church in the Power of the Spirit. SCM Press.
Nainupu, A. M. Y. (2022). Ujian Untuk Iman Yang Sejati Berdasarkan Matius 13:1-23; 13:36-43. SAINT PAUL’S REVIEW, 2(2), 112–122. https://doi.org/10.56194/spr.v2i2.28
Nainupu, A. M. Y. (2024). Mendidik Anak-Anak Yang Bermoral Rohani di Era Teknologi Informasi Sesuai Dengan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 5(1). https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.826
Nalle, P. A., Lauren, A. P., Objantoro, E., & Mardin, J. (2022). Gerakan Ayo Baca Alkitab Berbasis Whatsapp Di Masa Pandemi. Davar : Jurnal Teologi, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.55807/DAVAR.V3I1.36
Napitupulu, L. (2021). God’s Consistency Which Is Promised Through a New-Normal-Era Health Protocol in Order to Preserve The Essence Of Humanity. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(2), 224–233. https://doi.org/10.46445/EJTI.V5I2.370
Novalina, M. (2020). Spiritualitas Orang Kristen Dalam Menghadirkan Kerajaan Allah di Tengah Tantangan Radikalisme. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 1(1), 26. https://doi.org/10.46445/jtki.v1i1.293
Noviantika, F. N., Suryadi, B., & Sumedi. (2022). Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan Pengobatan Dengan Kualitas Hidup Pasien Penderita Hipertensi. Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia, 1(03), 110–115. https://doi.org/10.53801/jipki.v1i03.18
Objantoro, E., Susanto, Diana, R., Katarina, & Darmawan, I. P. A. (2022). Church Offerings during Covid-19 Pandemic: A Case Study in GKII Tandang. Pharos Journal of Theology, 103, 1–13. https://doi.org/10.46222/pharosjot.10348
Octavianus, L. E. (2023). Integritas Dalam Melayani Tuhan Menurut 1 Timotius 1:18: Meninjau Pentingnya Kemurnian Iman dan Hati Nurani. Jurnal Teologi Injili, 3(2), 81–93. https://doi.org/10.55626/jti.v3i2.54
Pandie, D. A., & Pandie, R. D. Y. (2023). Perspektif Sosiologis-Teologis terhadap Interaksi Sosial Antara Etnis Rote dan Etnis Timor di Desa Tuasene Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.53547/rdj.v3i1.354
Pangumbahas, R., Gunawan, C., & Repi, R. (2021). Roh Kudus dan Gereja: Suatu Pendekatan Biblis dan Implikasinya bagi Pertumbuhan Gereja di Indonesia. Journal of Religious and Socio-Cultural, 2(2), 141–149. https://doi.org/10.46362/jrsc.v2i2.51
Panjaitan, B. J. (2013). Teologi Ingatan Sebagai Dasar Rekonsiliasi Dalam Konflik. Diskursus - Jurnal Filsafat Dan Teologi STF Driyarkara, 12(2), 253–277. https://journal.driyarkara.ac.id/index.php/diskursus/article/view/107
Panjaitan, F. (2021). The Church’s Contextual Mission to Poverty Problems in Indonesia. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(2), 153–163. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i2.376
Panjaitan, F. (2022). Tujuan Pembelajaran Dalam Pendidikan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 3:16. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 134–147. https://doi.org/10.54592/jct.v1i2.21
Patandean, Y. E. (2018). Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Berbahagia Dalam Matius 5:3-12. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 115–134. https://doi.org/10.46445/ejti.v2i2.103
Patandean, Y. E., & Hermanto, B. W. (2019). Tema-Tema Theologis Khotbah Yesus Di Bukit Dalam Injil Matius 5:1-7:29. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), 123–135. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i2.140
Prameswari, S. P. I., Aisah, S., & Mifbakhuddin. (2013). Hubungan Obesitas dengan Citra Diri dan Harga Diri pada Remaja Putri di Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Semarang. Jurnal Keperawatan Komunitas, 1(1), 52–61.
Pristo, P., Monika, R., & Iskamto, B. (2022). Dampak Pandemik COVID-19 dan Kualitas Hidup Lansia. JURNAL KESEHATAN SAMODRA ILMU, 13(1), 45–50. https://doi.org/10.55426/jksi.v13i1.196
Purnama, W. S., Deak, V., & Siwalette, R. (2022). Peninjauan Nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen dengan Perspektif Aksiologi. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 569–580. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.743
Randa, F. (2020). Karya Keselamatan Allah Dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal Allah. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 3(1), 35–62. https://doi.org/10.53827/lz.v3i1.17
Ronda, D. (2019). Gembala Sebagai Pemimpin Rohani. Kalam Hidup.
Rosyada, Y. A., Faizin, C., & Noviasari, N. A. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga dan Kebutuhan Spiritual dengan Kualitas Hidup Pasien Lansia. Muhammadiyah Journal of Geriatric, 4(1), 73. https://doi.org/10.24853/mujg.4.1.73-80
Sagala, L. D. J. F., Priskila, K., Susanty, A., & Kristina, J. (2020). Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 25. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.292
Saingo, Y. A. (2023a). Era Disrupsi Teknologi dan Sikap Pemimpin Kristen. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 4(2), 76–94. https://doi.org/10.34307/kinaa.v4i2.112
Saingo, Y. A. (2023b). Tugas Dan Profesi Guru Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.27-37
Salu, S. B. R. (2022). Implementasi Metode Pengajaran Berdasarkan Ulangan 6:4-9 bagi Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 107. https://doi.org/10.46445/djce.v3i2.544
Santo, J. C., & Arifianto, Y. A. (2022). Pertumbuhan Rohani Berdasarkan 1 Petrus 2:1-4 dan Aplikasinya dalam Kehidupan Orang Percaya. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.212
Sembiring, E. E., & Hermanto, Y. P. (2023). Generasi Muda Kristen Unggul dalam Karakter melalui Kesehatan Mental. Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral, 4(2), 238–252. https://doi.org/10.46408/vxd.v4i2.414
Setiawan, D. E. (2019). Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), 154–161. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/135
Sianipar, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Jurnal Shanan, 4(1), 73–92. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1769
Sitepu, N. (2020). Urgensi Menemukan Model Pemuridan Sesuai Tipe Spiritualitas Jemaat. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.52104/HARVESTER.V5I2.44
Stevanus, K. (2018). Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 79–95. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.21
Stott, J. (2021). The Cross of Christ: With Study Guide. IVP Academic.
Stott, J. R. W. (2008). The Living Church. BPK Gunung Mulia.
Sunarto. (2021). Kepemimpinan Menurut Alkitab dan Penerapannya dalam Kepemimpinan Lembaga Kristen. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 5(1), 95–116. https://doi.org/10.51828/td.v5i1.114
Susanto, S. (2016). Kemandirian Jemaat. Sekolah Tinggi Teologi Simpson.
Tafona’o, T. (2019). Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 62–81. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.115
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231. https://doi.org/10.34081/270038
Tesalonika, A., & Sutjipto, H. (2023). Human capital dan masyarakat ekonomi sirkular: teologis keberlanjutan global di Indonesia. Economic Military and Geographically Business Review, 1(1). https://doi.org/10.61511/emagrap.v1i1.2023.94
Umam, R. N. (2021). Aspek Religiusitas dalam Pengembangan Resiliensi diri di Masa Pandemi Covid-19. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 4(2), 148–164. https://doi.org/10.20414/sangkep.v4i2.3558
Volf, M. (1996). Exclusion and Embrace: A Theological Exploration of Identity, Otherness, and Reconciliation. Abingdon Press.
Wiersma, H. (2017). Martin Luther on Grace. In Oxford Research Encyclopedia of Religion. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780199340378.013.335
Wiratanaya, G. N., & Kembuan, L. A. (2023). Studi Biblika Tentang Ekoteologi dan Kaitannya dengan Tradisi Perayaan Unduh-Unduh. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 4(1), 98–118. https://doi.org/10.55097/sabda.v4i1.83
Xie, F., & Wijanarko, J. (2017). Citra Diri. Keluarga Indonesia Bahagia.
Yutersi, N., Fernando, A., & Analita, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kristen melalui Kelompok Tumbuh Bersama terhadap Pertumbuhan Rohani. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.22
Zebua, B. A. (2022). Pentingnya Doa bagi setiap Orang Kristen Berdasarkan ST. Aphrahat. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 16–28. https://doi.org/10.54592/jct.v2i1.67
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Krido Siswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.