Menggali Pontensi Gernerasi Z Sebagai Agen Perubahan Di Masyarakat Multikultural

Authors

  • Napriadi Napriadi Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Ayang Emiyati Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.965

Keywords:

Generasi Z, Potensi, Agen Perubahan

Abstract

Generasi Z adalah generasi yang tumbuh di era teknologi digital dengan kesadaran sosial yang tinggi. Mereka aktif menggunakan media sosial untuk berkomunikasi, berbagi cerita, dan membangun komunitas. Selain terampil dalam teknologi, generasi ini menghargai keberagaman, mempromosikan inklusivitas, dan menunjukkan potensi besar sebagai agen perubahan di masyarakat multikultural. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi Generasi Z sebagai agen perubahan dalam masyarakat multikultura. Rumusan masalah apa potensi Generasi Z sebagai agen perubahan dalam masyarakat multikultural? Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki potensi besar dalam menginisiasi perubahan sosial melalui pemanfaatan teknologi digital untuk kampanye kesadaran, aksi kolektif, dan advokasi. Keterbukaan mereka terhadap pluralisme juga menjadi kekuatan untuk meredakan konflik antarkelompok dan menciptakan dialog yang produktif. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman mendalam tentang nilai-nilai pluralisme dan minimnya dukungan pendidikan kontekstual menjadi hambatan yang perlu diatasi.

References

Afiyanti, Y. (2014). Penggunaan Literatur Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.157

Aprilia, C. A., Wahyuni, S. I., & Sari, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Generasi Z Sebagai Media Pembelajaran Era Post Pandemi. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 530–536. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i3.1797

Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2022). Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. GEOFORUM, 1(2), 36–49. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss2pp36-49

Aulia, S. S., & Paryanti, S. (2020). Penguatan pendidikan multikultural melalui kegiatan tadabur hizbul wathan. Bhineka Tunggal Ika Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10129

Efianingrum, A., Maryani, M., Sukardi, J. S., Hanum, F., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan. Humanika, 22(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.49102

Fauzi, F. I., & Tarigan, F. N. (2023). Strawberry Generation: Keterampilan Orangtua Mendidik Generasi Z. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.2047

Fonataba, H. V. (2023). Renungan Harian Kristen Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Keluarga. MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.58983/jmurai.v3i1.85

Hendrawan, A. Y., Wenas, M. L., & Gunawan, G. (2023). Integration of Christ’s Love in Family Discipleship to Overcome Fear of Missing Out (FOMO) in Generation Z. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.46445/ejti.v7i2.443

Herlina, E., Tukiran, M., Yusnita, N., Hermansya, H., & Andrianto, M. T. (2022). Peran Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Agen Perubahan. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 487–497. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i6.346

Hidayat, R., Bunyamin, & Malihah, E. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Formal. BUANA ILMU, 5(1), 24–35. https://doi.org/10.36805/bi.v5i1.1212

Irsyadi, F. Y. Al, Priambadha, A. P., & Kurniawan, Y. I. (2020). Game Edukasi Bahasa Arab untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nahdlatul Ulama Cepogo. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume 10(April), 12. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1

Kurniawan, S. (2021). Problematika Pendidikan Karakter Generasi Z Pada Masyarakat Muslim Urban Pontianak. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 18(1), 68–85. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.4247

Marini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Terhadap Pembentukan Karakter Anak Generasi Z. In Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 2, pp. 375–384).

Maturbongs, Y. H. (2023). Generasi Z: Tantangan & Harapan di Era Digital. TarFomedia, 4(2), 15–20.

Muttaqiyathun, A., Nurmaya, E., & Saputra, Y. (2022). Peran Kecerdasan Terhadap Minat Berwirausaha Generasi Z. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(02), 220–237. https://doi.org/10.21009/JRMSI.013.2.03

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nurqamar, I. F., Ulfa, S., Hafizhah, I., Fadhillah, N., & Rahmi, N. (2022). The Intention of Generation Z To Apply For a Job. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(3), 218–247. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i3.16493

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Roziqin, A., Sumiarto, R. S., & Aziz, F. N. (2021). Mental Revolution, Youth, and Environmental Issues in Indonesia. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), 1191–1201. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1191-1201

Santosa, A. C., & Adiputra, I. G. (2023). Pengaruh Penghargaan dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 122–131. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22521

Shalih, O. (2019). Станцы 1, Станцы 2, 3, 4. . . Из Разговоров Филолога С Искусствоведом. Культура Культуры, 7(2), 1–19.

Siregar, D., Aditya, T., Purwanto, E., & Elyana, K. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Dalam Gaya Hidup Gen Z di Kota Tangerang. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(3), 605–618. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i3.2060

Syahfitri Siregar, R., & Matang. (2023). Indonesia era globalisasi: peran dan tantangan generasi kedua digital native. AT-TAWASUL, 2(2), 101–109. https://doi.org/10.51192/ja.v2i2.470

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Ulfa, Z. D., Perdana, J. A., & Abeng, A. T. (2023). Program ZITASI Generasi Z melalui Aplikasi Fatsecret pada Siswa SMA Sebagai Agen Perubahan di Daerah Aliran Sungai Sabangau. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 9(2), 190–201. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.9003

Wallace, A. R. (1858). On the Tendency of Varieties to Depart Indefinitely from the Original Type. Journal of the Proceedings of the Linnean Society, 1, 53–62.

Wijaya, T. A., Yaslim, N. P., Permatasari, A. M. P., Yosevina, G. R., & Mamahit, H. C. (2023). Penerimaan Diri Generasi Z Di Era Perkembangan Media Sosial. Psiko Edukasi, 21(1), 41–49. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4575

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun kesadaran multikultural melalui implementasi model pendidikan inklusif di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383–396. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2889

Yusuf, E. (2016). Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Generasi Z. WIDYAKALA JOURNAL, 3, 44. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.23

Downloads

Published

2024-12-17