Transformasi Sosial oleh Generasi Z dalam Konteks Masyarakat Majemuk

Authors

  • Elwandy Raidifi Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Ayang Emiyati Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.961

Keywords:

Transformasi, perubahan sosial, Generasi Z

Abstract

Transformasi sosial adalah sebuah proses yang berlangsung secara terus-menerus dan membawa perubahan dalam masyarakat. Proses ini melibatkan banyak aspek yang berbeda, termasuk bagaimana struktur masyarakat dibentuk, nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, serta norma-norma yang mengatur bagaimana orang-orang berinteraksi satu sama lain. Perubahan ini tidak hanya terjadi di bidang budaya, tetapi juga mencakup aspek ekonomi dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan tentang transformasi sosial oleh generasi z dalam konteks masyarakat majemuk. Rumusan masalah, apakah saja transformasi sosial yang dilakukan oleh gen z dalam masyarakat majemuk? Generasi Z memainkan peran kunci dalam mempercepat perubahan sosial dengan membawa perspektif baru yang lebih progresif dan berbasis teknologi. Generasi z tidak hanya menjadi konsumen informasi tetapi juga produsen ide-ide baru yang mendorong tindakan kolektif. Dengan memanfaatkan platform digital, generasi ini mampu mengorganisir gerakan sosial yang berdampak luas, menantang struktur sosial yang ada, serta memperjuangkan nilai-nilai keberagaman dan inklusi.

References

Choeriyah, N., & Assyahri, W. (2024). Keterlibatan Generasi Z dalam Proses Pembuatan Kebijakan Publik Guna Mendekati Pelayanan yang Lebih Inklusif dan Responsif. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora (Isora, 2(2), 244–254.

Christiani, L. ., & Ikasari, P. . (2020). Generasi z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.

Darmawan, I. P. A., Namsem, E., & Purnamawati, Y. (2024). Bibliometric Analysis of Research Trends on Learning Methods In Christian Religious Education In The Period 2014–2023. GNOSI: An Interdisciplinary Journal of Human Theory and Praxis, 7(1), 169–180. http://www.gnosijournal.com/index.php/gnosi/article/view/261

Efianingrum, A., Maryani, M., Sukardi, J. S., Hanum, F., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan. Humanika, 22(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.49102

Emiyati, A., Darmawan, I. P. A., Martha, I., Urbanus, Katarina, Mary, E., Putri, I. S. P., Mau, M., & Harming. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Enda, A. K. (2024). Transformative Christian Education to Fight Against Human Trafficking. Didaché: Journal of Christian Education, 5(2), 124–141. https://doi.org/10.46445/djce.v5i2.823

Halim, A. (2010). Studi tentang Perilaku Konsumen Generasi Z dan Pengaruhnya terhadap Pasar. Universitas Medan Area, 1–11.

Handayani, R., & Surya, E. P. A. (2024). Transformasi Sosial Di Era Digital: Pengaruh Teman Sebaya Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), 4(5), 1373–1377. https://doi.org/10.47233/jebs.v4i5.2085

Hendrawan, A. Y., Wenas, M. L., & Gunawan, G. (2023). Integration of Christ’s Love in Family Discipleship to Overcome Fear of Missing Out (FOMO) in Generation Z. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.46445/ejti.v7i2.443

Hutauruk, K., & Irawati, W. (2024). Pedagogical Competence of Christian Teachers as Facilitators in the Process of Developing 21st Century Thinking Skills. Didaché: Journal of Christian Education, 5(2), 142–167. https://doi.org/10.46445/djce.v5i2.792

Imaddudin, I. (2020). Fear of Missing Out (FoMO) dan Konsep Diri Generasi-Z: Ditinjau Dari Aspek Komunikasi. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(1), 24–39. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3747

Imah, M. T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) Dalam Lingkup Pendidikan. Doctoral Dissertation, State University of Surabaya, 274–282.

Ismunandar, A. (2019). Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 03(2), 205–219.

Kurnia, B., & Andini, I. (2024). Dinamika Kependudukan Sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 1–7.

Lauren, C. C. (2023). Analisis Adaptasi Masyarakat Lokal terhadap Perubahan Sosial dan Tren Budaya di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Hukum Adat. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(09), 874–884. https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i09.646

Mahmud, A. (2024). Krisis Identitas di Kalangan Generasi Z dalam Perspektif Patologi Sosial pada Era Media Sosial. Jurnal Ushuluddin, 26(2), 279–311.

Nuraiman. (2019). Faktor-Faktor Yang Memicu Perubahan Solidaritas Dalam Masyarakat Di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 2(2), 6–12.

Pokhrel, S. (2024). ΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.

Putri, A., Santoso, G., & Nurhidayaty, R. (2022). Seni dan Kreativitas Sebagai Medium Pemersatu Dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Transformatif, 01(02), 29–38.

Putri, I. C., Zainab, M. S., Wulandari, W., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Era Disrupsi Teknologi terhadap Pengetahuan Kebudayaan Generasi Z. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 317–324.

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada generasi Z di media. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20(2), 70–80.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. GLOBAL KOMUNIKA, 1(2), 270–283. https://doi.org/10.34081/270033

Riduan, R., Fauziah, N., Amelia, K., & Sumarno, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6334

Rosa, V. Dela, Fadhila, D., Salsabilla, N., Anwar, R. S. T., & Randa, M. (2024). Peran Generasi Z Dalam Pemilu YangBersih Dan Demokratis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4654–4660.

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling “Dialectical Behavior Therapy”. Jurnal BK Unesa, 53–59.

Triana, Y. M., Solikah, A. U., Wati, R. S. S., & Saputra, M. (2024). Analisis Keberagaman Agama dan Toleransi di Desa Sukodadi Dalam Dinamika Masyarakat Multikultural. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(10), 337–342. https://doi.org/10.56393/decive.v4i10.2488

Tureno, F., Nainggolan, E. O., Darmayanti, N. E., Syahrin, F. C. A., Ramadhani, N. A., & Ghozali, I. (2024). Peran Media Sosial Dalam Penyebaran Dan Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila Serta Pendidikan Kewarganegaraan Di. JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 87–95. https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i1.116

Wahyudi, V. (2019). Peran Politik Perempuan dalam Persfektif Gender. Politea : Jurnal Politik Islam, 1(1), 63–83. https://doi.org/10.20414/politea.v1i1.813

Wijayanti, A. A., Syandhana, N., Hikari, S., Shinkoo, L., & Fitriono, R. A. (2022). Peran pancasila di era globalisasi pada generasi z. Jurnal INTELEKTIVA, 4(1), 29–35.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Zulfikar, Z. (2022). Urgensi Dakwah Islam dan Transformasi Sosial. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 9(1), 48–63. https://doi.org/10.54621/jn.v9i1.277

Downloads

Published

2024-12-17