Peran Generasi Z Dalam Membangun Harmoni Di Tengah Keberagaman
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.960Keywords:
Generasi Z, Membangun Harmoni, KeberagamanAbstract
Generasi Z, yang mencakup individu yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010, merupakan kelompok yang memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Generasi Z dikenal sebagai "digital natives" karena tumbuh dan berkembang di era teknologi informasi yang pesat, di mana akses terhadap internet dan perangkat digital menjadi hal yang umum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan tentang pentingnya peran Generasi Z dalam membangun harmoni di tengah keberagaman. Rumusan Masalah apa saja peran Generasi Z dalam membangun harmoni di tengah keberagaman ? metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka. ada beberapa hal yang bisa di lakukan oleh Generasi Z dalam membangun harmoni yaitu sebagai berikut: pertama, Meningkatkan Solidaritas Nasional, kedua Menggunakan Media Sosial untuk Edukasi dan Kampanye. Ketiga, Dialog antar Agama. Penelitian ini menegaskan peran penting Generasi Z dalam harmoni masyarakat Indonesia yang beragam. Sebagai "digital natives," mereka menyebarkan toleransi dan inklusivitas melalui media sosial, gerakan sosial, dialog antarbudaya, serta pendidikan politik. Meskipun menghadapi tantangan, Generasi Z berpotensi besar menjadi agen perubahan dalam membangun solidaritas dan kepercayaan lintas budaya.
References
Apriliani, N. A. D., Marsella, A. T., Permana, D. A., Syabilla, K. S., & Santoso, G. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-Cita Luhur Bangsa Indonesia Versi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 246–255. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.391
Choeriyah, N., & Assyahri, W. (2024). Keterlibatan Generasi Z dalam Proses Pembuatan Kebijakan Publik Guna Mendekati Pelayanan yang Lebih Inklusif dan Responsif. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora (Isora, 2(2), 244–254.
Djami Bale, S. U., & Hattu, J. V. D. (2023). Metode Pembelajaran Ramah Remaja di GMIT Jemaat Kalvari Maumere. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 166. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.685
Fadilah, M. N., Indriwan, N., Khoirunnisa, N., & Mulyantini, S. (2022). Review Faktor Penentu Keputusan Investasi Pada Generasi Z & Millenial. MANAJEMEN, 2(1), 17–29. https://doi.org/10.51903/manajemen.v2i1.112
Hendrawan, A. Y., Wenas, M. L., & Gunawan, G. (2023). Integration of Christ’s Love in Family Discipleship to Overcome Fear of Missing Out (FOMO) in Generation Z. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.46445/ejti.v7i2.443
Hidayatullah, M. F. (2022). Penelitian Kepustakaan. 0(01), 145.
Larasati, M., Rozan, H., Saputra, I. D., H, A. F. B., Munir, A., & Radianto, D. O. (2023). PEGEMI (Peran Generasi Milenial) Dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender Melalui Pendekatan Media Sosial. VISA: Journal of Vision and Ideas, 3(3), 536–549. https://doi.org/10.47467/visa.v3i3.587
Munir, M., Achadi, M. W., & Baroroh, N. (2024). Peran Generasi Z Dalam Paradigma Geopolitik Indonesia. Journal on Education, 6(4), 20858–20868. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6215
Nadya, S. R. (2023). Peran Karang Taruna RW 13 Desa Pagerwangi dalam Meningkatkan Minat Remaja dalam Berorganisasi di Era Digital. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 387. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.7053
Oktari, Y. (2023). Urgensi Etika Pejabat Publik dan Peranan Generasi Z dalam Studi Administrasi Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 009(01), 11–20. https://doi.org/10.21776/ub.jiap/2023.009.01.2
Osin, R. F., & Purwaningsih, N. K. (2020). Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 63–74.
Pratama, I. N., Hadi, A., & Umami, R. (2024). Penguatan Partisipasi Politik Inklusif Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Generasi Z Pada Pemilu 2024 Di Desa Bagik Polak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2986–2993. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.627
Rindu, R., Prasetio, K., Ulfah, M., Nur, D., Sumiati, S., Yunita, P., Yunita, P., Apriliana, A., Ramadhanti, G., Basara, S., Falah, D., Rahmanita, A., Mellinda, S., Kesuma, I., Susanti, A., Setyonugroho, A., Miftachurohman, A., & Andiyana, Y. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat ‘Mental Health Among Gen-Z Anak Muda Si Paling Gampang Stres’. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 3(2), 281–285. https://doi.org/10.53801/jpmsk.v3i2.177
Santoso, G., Zahra, D. A. P., Wulandari, D., Nuha, F. A., Putri, A., Oktafiani, R., & Darmanto, A. P. (2023). Generasi Z dalam Perdamaian Dunia untuk Kemanusiaan. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 2023. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.344
Simamora, I. Y., Nasution, A. A. M., Novita, D. D., Syahira, Z., Nazwa, W. S., & Siregar, R. A. (2024). Peran Generasi Z di Pemilu 2024 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5918–5922.
Swarna, M. F., Royani, A., Lestari, S. I., Anisa, C., Susiani, A., & Dewi, K. (2024). Peranan Gen Z dalam Mempertahankan Budaya Lokal Indonesia di Era Global. Karimah Tauhid, 3, 5947–5953.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harry William, Martinah Martinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.