Editorial: Seminar Nasional Pendidikan Kristen dan Teologi, Meningkatkan Kualitas Hidup Berdasarkan Perspektif Teologi dan Pendidikan Kristen

Authors

  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.957

Abstract

Pada tanggal 2 Desember 2024, Seminar Nasional Pendidikan Kristen dan Teologi dengan tema “Meningkatkan Kualitas Hidup Berdasarkan Perspektif Teologi dan Pendidikan Kristen” telah sukses dilaksanakan. Acara yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, serta praktisi pendidikan Kristen dan teologi ini menjadi ajang refleksi dan diskusi penting untuk mengintegrasikan wawasan teologi dalam meningkatkan kualitas hidup individu dan
masyarakat.
Tema Meningkatkan Kualitas Hidup Berdasarkan Perspektif Teologi dan Pendidikan Kristen sangat penting karena mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan pendidikan untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi dalam kehidupan individu dan masyarakat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tema ini: Pertama, Integrasi spiritual dan pendidikan. Pentingnya Spiritualitas. Integrasi antara nilai-nilai kekristenan dengan pendidikan, tidak hanya
mendukung pertumbuhan intelektual tetapi juga mendukung pembentukan karakter moral, etika serta sosial sesuai dengan nilai-nilai kekristenan.

References

Darmawan, I. P. A., Mardin, J., & Urbanus. (2023). Pendidikan dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 50–61. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.702

Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655

Enda, A. K. (2024). Transformative Christian Education to Fight Against Human Trafficking. Didaché: Journal of Christian Education, 5(2), 124–141. https://doi.org/10.46445/djce.v5i2.823

Gulo, Y., Lidya S, D., Wenda, Y., & Kristian Zega, Y. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.169

Jatmiko, B., Darmawan, I. P. A., & Guild, R. J. (2024). Take My Yoke and Learn of Me: Matthew 11:28-30 and Hospitality in Theological Education in Indonesia. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 8(2). https://doi.org/10.30648/dun.v8i2.1195

Kamba, Y., & Kogoya, T. (2021). Pentingnya Kontemplasi Spiritual Sebagai Preferensi Pendidikan Agama Kristen. Pistis: Jurnal Teologi Terapan, 21(2), 80–92.

Koebanu, D. I., & Adi Saingo, Y. (2024). Signifikansi Model Blended Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Lembaga Pendidikan. Jurnal Kala Nea, 5(1), 43–64. https://doi.org/10.61295/kalanea.v5i1.148

Mawikere, M. C. S., Hura, S., & Mewengkang, C. G. (2024). Grace Unveiled: The Charm of חסד in the Book of Ruth and Its Transformative Message for Christian Life. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 8(2), 115–133. https://doi.org/10.46445/ejti.v8i2.744

Nelly, N., Siswoko, E., & Wahyuni, S. (2024). Integrating the Gap Between Faith Education and Christian Learning in the Indonesian Context with a Christian Worldview. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 8(2), 169–182. https://doi.org/10.46445/ejti.v8i2.844

Sagala, L. D. J. F., Priskila, K., Susanty, A., & Kristina, J. (2020). Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 25. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.292

Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483

Timpal, J. D. F., & Mokalu, V. R. (2022). Pengaruh Kompetensi Spiritual, Pedagogik, dan Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Kualitas Belajar Mengajar Siswa. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 708–722.

Widjaja, I., & Sihombing, I. N. I. (2020). Karakter Manusia Dilihat Dari Etika Terapan Terhadap Perubahan Diri Seseorang. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 37–49. https://doi.org/10.55076/didache.v2i1.42

Downloads

Published

2024-12-12