Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar

Authors

  • Lerry Marten Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Martinah Martinah Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Nesen Nesen Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.955

Keywords:

Orang tua, partisipasi, pendidikan dasar, keterlibatan masyarakat, pengembangan kurikulum, dukungan finansial

Abstract

Penelitian ini berfokus pada partisipasi orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Kalongan. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak, termasuk dalam aspek dukungan finansial, pengembangan kurikulum, dan pembangunan fasilitas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan kepala sekolah, penelitian ini mengidentifikasi berbagai bentuk partisipasi orang tua serta tantangan yang mereka hadapi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun orang tua memiliki niat baik untuk terlibat, pihak sekolah belum memanfaatkan potensi ini secara optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan komunikasi antara sekolah dan orang tua serta menciptakan program yang mendorong keterlibatan lebih aktif dari orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.

References

Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Afolabi, O. E. (2014). Parents’ Involve and psycho-educational Development of Learners with Special Educational Needs (SENs): An Empirical Review. International Journal of Early Childhood Special Education, 6(2), 177. https://doi.org/10.20489/intjecse.30749

Aidah, S. (2024). Wawancara tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar.

Hornby, G. (2011). Role of Professionals in Improving Parental Involvement. In Parental Involvement in Childhood Education (pp. 121–126). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8379-4_8

Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: an explanatory model. Educational Review, 63(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/00131911.2010.488049

Model partisipasi masyarakat. (2023). Journal on Education.

Mulyadi, D. (2020). Konstruksi Pungutan Liar Pada Penyelenggara Pendidikan Dasar. Journal Presumption of Law, 2(2), 110–132. https://doi.org/10.31949/jpl.v2i2.801

Ng, E. C. W., & Madyaningrum, M. E. (2014). Initiating Transformative Process Through Community Education Program: Two Cases From Asia. Journal of Community Psychology, 42(5), 609–620. https://doi.org/10.1002/jcop.21641

Pakniany, N. S. L., Imron, A., & Degeng, I. N. S. (2020). Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. State University of Malang.

Pek, L. S., & Mee, R. W. M. (2020). Parental Involvement on Child’s Education at Home During School Lockdown. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 4(2), 192–196. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2502

Downloads

Published

2024-12-13