Orientasi Seksual Kaum LGBT Dalam Lensa Dogmatik-Etik: Upaya Meningkatkan Kualitas Manusia Kristen
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.951Keywords:
Disorientasi Seksual; Etika; LGBT; Manusia Kristen; Orientasi Seksual;Abstract
Isu mengenai Orientasi Seksual yang ramai diperdebatkan saat ini, sering dikaitkan dengan perilaku seksual yang dipraktikkan oleh Kaum LGBT. Identitas dan praktik seksual kaum LGBT dianggap bertentangan dengan norma moral, sosial dan agama. Namun kaum LGBT beranggapan bahwa perilaku seksual tersebut adalah sesuatu yang wajar dan normal serta menjadi ciri pembentuk identitas kaumnya. Tulisan ini hendak menganalisis apa yang dimaksud dengan Orientasi Seksual yang dimaksud oleh kaum LGBT tersebut dalam lensa Dogmatik-Etik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan melakukan pengumpulan dan analisis data dari literatur online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apa yang dimaksud dengan Orientasi Seksual menurut kaum LGBT dalam kajian Dogmatik-Etik sesungguhnya adalah Disorientasi Seksual (Penyimpangan Perilaku Seksual) yang dilarang oleh Tuhan Allah dan bertentangan dengan ajaran Alkitab. Natur dosa manusia (sinful nature) menjadi penyebab utama perilaku penyimpangan seks. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengantispasi perilaku LGBT adalah membentuk identitas diri anak dengan benar, memberikan pendidikan seks yang sehat pada anak, menerapkan pendidikan Kristen yang benar pada anak, memberi dukungan sosial-psikologis-spiritual kepada orang yang terpapar LGBT.
References
Alexander, C., & Simanjuntak, F. (2021). Pandangan Etika Kristen Terhadap Identitas Homoseksual. Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 70–88. https://doi.org/10.46933/DGS.vol6i170-88
Arifianto, Y. A. (2023). Disorientasi Seksual dalam Perspektif Etis Teologis: Diskursus Pendidikan Kristen Bagi Remaja. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 4(2), 164–175. https://doi.org/10.55097/sabda.v4i2.91
Aritonang, T., & Zega, Y. K. (2024). Menghadapi Ancaman LGBT: Kekuatan Pendidikan Agama Kristen dalam Menyelamatkan Identitas Remaja di Sekolah. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.62282/je.v1i2.118-128
Ayub, A. (2017). Penyimpangan Orientasi Seksual (Kajian Psikologis dan Teologis). Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tasfiyah/article/view/1851
Barutu, P., Hendriks, A. C., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Analisis Pengaruh Pendidikan Keluarga dan Lingkungan Sosial Terbentuknya Identitas LGBT. SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.34307/sophia.v2i2.48
Belo, Y. (2021). Kajian Dan Evaluasi Terhadap Perilaku Transgender Dari Perspektif Etika Kristen. Jurnal Luxnos, 7(1), 90–104.
Ekoliesanto, Y. B., & Zaluchu, S. E. (2022). Mengkritisi Perilaku Homoseksual Dalam Perspektif Teologi Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(1), 32–40.
Emiyati, A. (2018). Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 147–156.
Granados, L. (2024). The Truth of Our Destiny: Fragility, Ideals, and Redemption. Nova et Vetera, 22(4), 1357–1379. https://doi.org/10.1353/nov.2024.a944783
Gulo, Y. K., & Salurante, T. (2023). Respek dan Setara: Meninjau Ulang Faktor dan Solusi Masalah LGBTQ Berbasis Nilai Teologis. Integritas: Jurnal Teologi, 5(1), 18–30. https://doi.org/10.47628/ijt.v5i1.188
Gunawan, C. (2012). Dapatkah Perilaku Homoseksual Diterima? Amanat Agung, 8(1). http://178.128.61.104/index.php/JAA/article/view/103/87
Halim, S. H. (2017). Homoseksualitas Masa Kini: Suatu Tinjauan Menurut Etika Kristen. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 16(2), 135–144. https://core.ac.uk/download/pdf/280491309.pdf
Harahap, R. D. (2016). LGBT DI INDONESIA : Perspektif Hukum Islam, HAM, Psikologi dan Pendekatan Maṣlaḥah. Al-Ahkam, 26(2), 223. https://doi.org/10.21580/ahkam.2016.26.2.991
Jasmin, A. D., Azhari, M. F., & Domili, A. Z. P. (2023). Implementasi Pendidikan Islam pada Pembahasan LGBT sebagai Upaya Pencegahan Penyakit oleh Bakteri Nisseria gonorrhoeae dan Clamydia trachomatis. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4). https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/468/398
Jayanti, E. P. (2023). Perspektif Suatu Analisis Kritis terhadap LGBT dengan Perspektif Kekristenan. Jurnal Salvation, 3(2), 162–171.
KBBI, D. (2024). Dogmatik. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dogmatik
KBBI VI, D. (2024). Etik. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etik
Krikhoff, R. A. (2024). Refleksi Moral dan Implikasi Etis dari LGBT, Aborsi, dan Euthanasia dalam Konteks Modern. Journal of Religious and Socio-Cultural, 5(2). https://jurnal.widyaagape.ac.id/index.php/jrsc/article/view/268
Lola, J. (2020). Teologi Pernikahan Kristen Sebagai Kritik Etis Teologis Terhadap LGBT. KAMASEAN: Jurnal Teologi Kristen, 1(2), 92–106. https://doi.org/10.34307/kamasean.v1i2.35
Lowe, M. E. (2009). Gay, Lesbian, and Queer Theologies: Origins, Contributions, and Challenges. Dialog, 48(1), 49–61. https://doi.org/10.1111/j.1540-6385.2009.00430.x
Marbun, S. M., & Stevanus, K. (2019). Pendidikan Seks Pada Remaja. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 325–343. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.76
Mastuti, R. E., Winarno, R. D., & Hastuti, L. W. (2012). Pembentukan Identitas Orientasi Seksual Pada Remaja Gay. PREDIKSI: Kajian Ilmiah Psikologi, 1(2). https://journal.unika.ac.id/index.php/prediksi/article/view/271
Mulia, H. R. (2021). Gender dan Orientasi Seksual Waria: Faktor Pembentukannya pada Lingkungan Keluarga. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 55–67. https://doi.org/10.33367/psi.v6i1.1328
Purwanty, F., & Chairani, L. (2018). Perubahan Orientasi Seksual Pada Komunitas Lesbian (Anak Belok). Jurnal Psikologi Talenta, 3(2), 9–19.
Saidah, E. M. (2016). Penyimpangan Perilaku Seksual (Menelaah Maraknya Fenomena LGBT di Indonesia). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 8(1). http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/32/27
Saleh, G., & Arif, M. (2017). Perilaku LGBT Dalam Tinjauan Sosial. Prosiding CELSciTech, 2, com_45-com_51.
Schneider, L. C., & Roncolato, C. (2012). Queer Theologies. Religion Compass, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.1111/j.1749-8171.2011.00315.x
Sprinkle, J. M. (2003). Sexuality, Sexual Ethics. In Dictionary of the Old Testament: Pentateuch. InterVarsity Press.
Strongs, A. H. (2024). The Circle. Biblehub. https://biblehub.com/strongs/isaiah/40-22.htm
Suhsmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 164–174.
Suprihyatin, N. (2024). Penyimpangan Seksual Dalam Perspektif Psikologi (Solusi Atas Masalah Penyimpangan Seksual Dalam Perspektif Psikologi). AKADEMIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 23(1).
Tolanda, Y., & Ronda, D. (2011). Tinjauan Etika Kristen Terhadap Homoseksualitas. Jurnal Jaffray, 9(1), 131–163.
Wenas, M. L., & Darmawan, I. P. A. (2017). Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(2), 118–128.
Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jamin Tanhidy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.