Integrasi Antropologi Kristen Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.944

Abstract

Antropologi adalah ilmu  tentang manusia.  Pemahaman antropologi seorang pendidik akan membantu dalam proses pembelajaran.  Dalam konteks pendidikan agama Kristen (PAK), antropologi pendidikan yang dijalankan adalah antropologi yang berdasarkan kebenaran Alkitab.  Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan prinsip-prinsip antropologi Kristen dalam proses pembelajaran PAK.  Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, dengan mengumpulkan berbagai literatur mengenai landasan teologis dan filsafat pendidikan Kristen dan melalui wawancara mahasiswa dan dosen mata kuliah doktrin Kristen.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai Antropologi Pendidikan Kristen (manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, ketika dosa masuk ke dalam dunia melalui Adam, gambar Allah di dalamnya tercemarkan dan kematian Yesus Kristus di atas kayu salib memulihkan keselamatan dan persekutuan dengan Allah), dapat dilakukan melalui pengajaran nilai-nilai tersebut.  Selain pengajaran akan nilai-nilai tersebut, penerapan dalam proses pembelajaran PAK dilakukan melalui penghargaan akan individu nara didik tanpa pilih kasih, memberikan ruang untuk merasa bebas menyatakan pendapat tanpa takut dimarahi ataupun dipersalahkan dan menuntun nara didik untuk mendapatkan pengalaman bersama Kristus.  Dampak dari integrasi nilai antropologi Kristen ini bagi peserta didik adalah peserta didik  dapat menerima dirinya sendiri sebagaimana Allah menciptakannya, merasa nyaman dalam menjalani proses pembelajaran dan memiliki komitmen untuk memperkenalkan muridnya kelak kepada Kristus.

Author Biography

Eirene Mary, Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Sinta: 6718442

ORCID ID: http://orcid.org/0000-0002-7614-4129

S1- ABTHCE dari FEBIAS College of Bible Philipines, S2 - M.Pd.K Pendidikan Agama Kristen dari Sekolah Tinggi Teologi Baptis Semarang

References

A., S., & Mary, E. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Malinau. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.647

Antika, S., Lasari, Y. L., & Gustina, G. (2023). Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12

Edwin H. Palmer. (2011). Lima Pokok Calvinisme (3 ed.). Penerbit Momentum.

Effendi, N. (2015). Pemahaman dan Pembentukan Karaktek Masyarakat: Realitas dan Pandangan Antropologi. Tingkap, 11(2), 175–185.

Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. (2022). Kajian Antropologi Kristen Mengenai Peran Guru Menerapkan Strategi Pembelajaran Variatif untuk Mengembangkan Kemampuan Afektif Siswa [A Christian Anthropology Review on The Role of Teachers in Implementing the Variative Learning Strategy to Develop Students’ Affective Ability]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.19166/dil.v4i1.4750

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Literasi Nusantara.

J, T. (2024). Dampak Pembelajaran Doktrin Tentang Manusia [Komunikasi pribadi].

Koentjaraningrat, K. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

M, L. (2024). Guru Yang Pilih Kasih [Komunikasi pribadi].

Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16(1), 93–113. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v16i1.278

Pazmino, R. W. (2012). Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili. STT Bandung.

S, L. O. C. C. (2024). Penerapan Nilai Antropologi Kristen [Komunikasi pribadi].

Selan, R. F. (1995). Pembinaan Warga Jemaat. Kalam Hidup.

Sidjabat, B. S. (2011). Mengajar Secara Profesional. Yayasan Kalam Hidup.

Sitanggang, M. H., & Juantini, J. (2019). Citra Diri Menurut Kejadian 1:26-27, Dan Aplikasinya Bagi Pengurus Pemuda Remaja GPdI Hebron-Malang. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.118

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan – Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

T, M. (2024). Sebutan Guru [Komunikasi pribadi].

Tong, S. (2013). Arsitek Jiwa 1. Penerbit Momentum.

Tung, K. Y. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen. Penerbit ANDI.

U, S. (2024). Proses pembelajaran dalam kelas [Komunikasi pribadi].

Wolterstroff, N. P. (2007). Mendidik Untuk Kehidupan: Refleksi Mengenai Pengajaran dan Pembelajaran Kristiani. Penerbit Momentum.

Downloads

Published

2024-12-12