Peran Gereja Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Studi Kasus Di KB TK Bintang Nusantara Banyumanik
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i2.943Keywords:
peran gereja, peningkatan mutu pendidikan, KB TK Bintang Nusantara BanyumanikAbstract
Penelitian ini hendak menguraikan tentang bagaimana peran GKT New Life Semarang terhadap peningkatan mutu pendidikan di KB TK Bintang Nusantara Banyumanik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan cara pengambilan data melalui penelitian pustaka, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada Badan Pelaksana Pendidikan (BPP) yang anggotanya adalah hamba Tuhan dan jemaat dari GKT New Life Semarang. Untuk validasi data maka wawancara juga dilakukan kepada kepala sekolah dan para guru di KB TK Bintang Nusantara. Hasil dari penelitian ini disajikan secara deskriptif. Penelitian ini penting untuk bahan evaluasi dan upaya peningkatan peran gereja yang dalam penelitian ini adalah pendiri dari KB TK Bintang Nusantara Banyumanik. Hasil dari penelitian ini adalah GKT New Life Semarang telah berperan dalam menfasilitasi biaya operasional untuk komponen peningkatan mutu guru, peserta didik dan fasilitas pendidikan. GKT New Life Semarang juga terlibat dalam pembekalan bagi guru dan siswa baik secara akademis dan kerohanian.
References
Atika, B. P., Tyagita, & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. 5, 165–176.
Citra. (2024). Wawancara.
Darmawan, I. (2014). PERAN GEREJA DALAM PENDIDIKAN NASIONAL.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir: Jurnal Suti Manajemen Pendidikan, 1, 215–240.
Hasanah, N. (2015). Dampak kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah ibtidayah di kota Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9, 445–466.
Lestari, R. A., & Deak, V. (2023). Peran Kode Etik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berdasarkan Yohanes 13:12-15 (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati
Malino, Y., & Ronda, D. (2014). SEJARAH PENDIDIKAN SEKOLAH KRISTEN GEREJA TORAJA SUATU KAJIAN HISTORIS KRITIS TENTANG PERAN GEREJA TORAJA MELAKSANAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH KRISTEN DARI MASA ZENDING SAMPAI ERA REFORMASI.
Marpaung, F., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Tehnik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 5.
Maulansyah R, Febrianty D, & Asbari M. (2023). Peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan: penting dan genting! Journal of Information Systems and Management, 2(No 5), 31–35.
Peraturan Pemerintah No 19. (2005).
Rebiyanti, S. (2024). Wawancara.
Rumantiyo D. (2024). Wawancara.
Samari. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 163–169.
Sulastri, Fitria, & Alfroki. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3).
Sumantrie, P., & Sembiring, E. (2021). Implementasi kepemimpinan Kristen dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dikelola Gereja Masehi Advent Hari ketujuh. Prosiding STT Sumatera Utara, 1(1).
Supriyanto, A. (2009). Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Daerah Diseminasi Primary Education quality Improvement Project (PEQIP).
Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan mutu di era otonomi Pendidikan. 1–6.
Tuturop A, & Sihotang H. (2023). Analisis perkembangan karakter dan peningkatan mutu pembelajaran siswa melalui pendidikan etika moral. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(No 6).
Tyagita, A. B. P., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. 5, 165–176.
Tyagita B.P.A, & Iriani A. (2018). Strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5, 165–176.
Winarti, T. (2024). Wawancara.
Yohanes. (2024). Wawancara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astrid Maryam Yvonny Nainupu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.