Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.859Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Kompetensi Sosial, Profil Pelajar Pancasila, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran penting kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam penguatan profil Pelajar Pancasila, yang bertujuan membentuk karakter pelajar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Guru PAK memiliki tanggung jawab untuk membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan yang mengembangkan kompetensi sosial seperti interaksi, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan. Kompetensi ini melibatkan kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung, serta menjadi teladan dalam penerapan nilai-nilai Kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka kualitatif, menganalisis literatur terkait untuk memahami peran guru dalam konteks pendidikan Kristen. Fokus utama adalah pada bagaimana guru PAK dapat memfasilitasi pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila melalui berbagai strategi pendidikan, termasuk integrasi nilai-nilai tersebut dalam kurikulum, penggunaan teknologi informasi, serta kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru PAK sangat vital dalam membimbing siswa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Guru dengan kompetensi sosial yang kuat dapat membentuk siswa yang berkarakter, toleran, dan beretika. Penguatan profil Pelajar Pancasila melalui pendekatan holistik yang melibatkan integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran, penggunaan teknologi, serta kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas diakui sebagai strategi yang efektif. Penilaian komprehensif terhadap profil Pelajar Pancasila diperlukan untuk mengukur efektivitas strategi ini, dengan tujuan menciptakan generasi muda Indonesia yang berkarakter dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.
References
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330.
Aristiawan, A., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Indusri 4.0 Dan Human Society 5.0 Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 84–93. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4205
Ashsiddiqi, M. H. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya. XVII(01), 61–67.
Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697
Febriyanti, R. A., Hajar, M., Putri, S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190–197.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Gule, Y. (2021). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 89–104. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.183
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 1 KOTA SUKABUMI. 11, 1659–1669.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. Gender and Development, 120(1), 0–22.
Indrapangastuti, D. (2014). Praktek dan Problematik Pendidikan Multikultural di SMK. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lia, A., Rumbenium, D. N., Sihasale, I. lona J., Duarkossu, M., Soumokil, M., & Institut. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis Melalui Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1), 551–564.
Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Satya Wacana University Press.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Muktamar, A., Yusri, H., Reski Amalia, B., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 5.
Muspiroh, N. (2016). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–19.
Natalia, L., & Saingo, Y. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(10), 266–272.
Nggebu, S. (2022). Guru agama Kristen Sebagai Teolog Praktika Garis Depan Bagi Siswa. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.495
Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.
Octavia, A. A., & Winarto, A. (2023). Internaslisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan. Al-Rabwah, 17(01), 17–26. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.208
Pranata, K. B., & Nome, N. (2023). Pendidikan Agama Kristen Sebagai Agen Restorasi Pendidikan Dalam Mewujudkan Kehidupan Beragama Yang Harmonis Di Sekolah–Sekolah. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 6(2), 37–63. https://doi.org/10.58919/juftek.v6i2.67
Sabon, S. S. (2019). Efektivitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 159–182. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i3.210
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34. http://digilib.unimed.ac.id/715/
Sianipar, D. (2018). Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers:Membangun Indonesia Di Era Revolusi 4.0, 167–177.
Sianipar, H. M., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Siswa Berdasarkan Kajian Filsafat Aksiologi Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.483
Situmeang, I. O., Sinaga, G. N., & Turnip, H. (2023). Kompetensi Sosial Guru dalam Pendidikan Agama Kristen. Journal of Cross Knowledge, 1(2), 59–65.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Susilawati, E., & Sarifudin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Viani, N., & Arifianto, Y. A. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.250
Yulianto, A. T., Kuntari J, V. D., & Sarumpaet, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.56854/pak.v1i2.101
Yusuf, A. (2020). Penguatan Karakter Pelajar Perspektif Merdeka Belajar Pada Era Post Truth (Issue July).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cici Epmi Rorian Siki, Ayang Emiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.