Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pancasila

Authors

  • Alisyah Alisyah Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Riniwati Riniwati Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.856

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, Pendidikan Agama Kristen, Penguatan Profil Pancasila

Abstract

Guru dalam melaksanakan tugas di sekolah memerlukan kompetensi profesional, yaitu melalukan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan keahliannya. Kompetensi profesional  guru Pendidikan Agama Kristen harus dapat diwujudnyatakan dalam penguatan profil pancasila. Sehingga siswa dalam belajar tidak hanya mengalami perkembangan dari segi pengetahuan, tetapi siswa juga mengalami perkembangan dari segi karakter yang mulia dan terpuji sesuai dengan makna dari butir-butir pancasila. Guru PAK harus memiliki kompetensi profesional yang mencakup: 1) Guru menguasi materi. Penguasaan Materi perlu ditingkatkan baik dari segi isi maupun pengembangan materi yang inovatif sehingga kualitas pendidikan semakin menigkat. 2) Guru menggunakan  Teknologi sesuai dengan perkembangan jaman. Guru diharapkanb untuk meningkatkan penguasaan dalam menggunakan teknologi untuk mendukug proses kegiatan pembelajaran  agar lebih interaktif  dan berkualitas. 3) Guru mengembangkan ketrampilan kegiatan pembelajaran lebih efektif. Penulis menggunakan pendekatan studi pustaka dalam metode penelitian kualitatif untuk meneliti dan menganalisis berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan dengan topik yang dibahas.  PAK memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan moral keagamaan siswa. Untuk mencapai tujuan ini, kompetensi profesional guru PAK sangatlah penting. Kompetensi ini tidak hanya mencakup pemahaman yang dalam terhadap materi pelajaran, tetapi juga keterampilan mengajar, karakter guru, dan kemampuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Kristen dalam proses pembelajaran.

 

References

Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., & Zhang, D. (2008). Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skills and Dispositions: A Stage 1 Meta-Analysis. Review of Educational Research, 78(4), 1102–1134. https://doi.org/10.3102/0034654308326084

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Ariefin, D., & Darmawan, I. P. A. (2021). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Melalui Kreativitas Guru Selama Masa Pandemi. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 55–63. https://doi.org/10.46494/PSC.V17I1.129

Boehlke, R. R. (2018). Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. BPK Gunung Mulia.

Christofer, F., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Kristen dalam Membentuk Pemahaman Siswa tentang Penciptaan Alam Semesta yang Bersumber pada Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 177.

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697

Darmawan, I. P. A., Hidana, R., Hasibuan, A. K. H., Ma’arif, M., Irwanto, Kristanto, T., Kuswiyanti, T. S., Suparmanto, Pulungan, N. A., Surahmat, A., & Sallu, S. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Darmawan, I. P. A., & Purnamawati, Y. (2023). Concept of Imago Dei, and Implication for Christian Education. Abraka Journal Of Religion and Philosophy, 3(2), 385–417. http://abrakajournal.com/index.php/ajrp/article/view/52

Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655

Farcis, F.-. (2019). The effectiveness of mcts learning model to improve critical thinking skills and disposition. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1713. https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1713-1721

Gule, Y. (2021). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 89–104. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.183

Halawa, A. M., Koamesakh, A. E., Wasiyono, N., & Boiliu, F. M. (2022). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6742–6753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2947

Heong, Y. M., Ping, K. H., Md Yunos, J., Othman, W., Kiong, T. T., Mohamad, M. M., & Ching, K. B. (2019). Effectiveness of Integration of Learning Strategies and Higher-Order Thinking Skills for Generating Ideas among Technical Students. Journal of Technical Education and Training, 11(3). https://doi.org/10.30880/jtet.2019.11.03.005

Hisham, M. H. M., Kamin, Y., & Saud, M. S. (2018). Reliability index of critical thinking among electrical technology teachers. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.29), 1069. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.14314

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Karnawati, K., & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 82–89. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.127

Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Batu, D. P. L. (2024). Analisis Nilai–Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dalam Penerapannya pada Profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai T.P 2022/2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.437

Langi, E. A., Arifianto, Y. A., & Elisa, S. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Nilai Toleransi. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.53547/rdj.v3i1.371

Leng, L. (2020). The Role of Philosophical Inquiry in Helping Students Engage in Learning. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00449

Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Satya Wacana University Press.

Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172–193. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V2I2.75

Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675

Oikonomidis, I., & Sofianopoulou, C. (2022). Critical thinking within the informatics textbook of the second class of the greek lyceum. Education and New Developments 2022 – Volume I, 465–469. https://doi.org/10.36315/2022v1end105

Pramana, C., Susanti, R., Ernawati, K., Darmawan, I. P. A., Miftah, M. Z., Lestyowati, J., Werdiningsih, R., & Ramadhani, R. (2021). Distance Learning In Primary Schools During The Covid-19 Pandemic In Indonesia: Challenges, Solutions, And Projections. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 263–270. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.502

Quitadamo, I. J., Faiola, C. L., Johnson, J. E., & Kurtz, M. J. (2008). Community-based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. CBE—Life Sciences Education, 7(3), 327–337. https://doi.org/10.1187/cbe.07-11-0097

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Suciati, S. (2018). Pengembangan kreativitas inovatif melalui pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan, 19(2), 145. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.731.2018

Sumiyati, S., & Mendrofa, E. (2021). Implikasi Pedagogis Pada Sakramen Perjamuan Kudus Dalam Liturgi Gereja. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(1), 116. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.314

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.52220/SIKIP.V1I1.33

Utama, W. W. I., Dhieni, N., & Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pengembangan Diri Guru PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 352. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1641

Widiyanto, M. A., & Darmawan, I. P. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Mengajar terhadap Prestasi Kerja Guru Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 179–187. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p179-187

Widiyanto, M. A., Usat, A., Darius, & Mokodaser, M. D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.11

Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535

Downloads

Published

2024-06-27