Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.856Keywords:
Kompetensi Profesional Guru, Pendidikan Agama Kristen, Penguatan Profil PancasilaAbstract
Guru dalam melaksanakan tugas di sekolah memerlukan kompetensi profesional, yaitu melalukan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan keahliannya. Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Kristen harus dapat diwujudnyatakan dalam penguatan profil pancasila. Sehingga siswa dalam belajar tidak hanya mengalami perkembangan dari segi pengetahuan, tetapi siswa juga mengalami perkembangan dari segi karakter yang mulia dan terpuji sesuai dengan makna dari butir-butir pancasila. Guru PAK harus memiliki kompetensi profesional yang mencakup: 1) Guru menguasi materi. Penguasaan Materi perlu ditingkatkan baik dari segi isi maupun pengembangan materi yang inovatif sehingga kualitas pendidikan semakin menigkat. 2) Guru menggunakan Teknologi sesuai dengan perkembangan jaman. Guru diharapkanb untuk meningkatkan penguasaan dalam menggunakan teknologi untuk mendukug proses kegiatan pembelajaran agar lebih interaktif dan berkualitas. 3) Guru mengembangkan ketrampilan kegiatan pembelajaran lebih efektif. Penulis menggunakan pendekatan studi pustaka dalam metode penelitian kualitatif untuk meneliti dan menganalisis berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan dengan topik yang dibahas. PAK memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan moral keagamaan siswa. Untuk mencapai tujuan ini, kompetensi profesional guru PAK sangatlah penting. Kompetensi ini tidak hanya mencakup pemahaman yang dalam terhadap materi pelajaran, tetapi juga keterampilan mengajar, karakter guru, dan kemampuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Kristen dalam proses pembelajaran.
References
Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., & Zhang, D. (2008). Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skills and Dispositions: A Stage 1 Meta-Analysis. Review of Educational Research, 78(4), 1102–1134. https://doi.org/10.3102/0034654308326084
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Ariefin, D., & Darmawan, I. P. A. (2021). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Melalui Kreativitas Guru Selama Masa Pandemi. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 55–63. https://doi.org/10.46494/PSC.V17I1.129
Boehlke, R. R. (2018). Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. BPK Gunung Mulia.
Christofer, F., & Irawati, W. (2022). Peran Guru Kristen dalam Membentuk Pemahaman Siswa tentang Penciptaan Alam Semesta yang Bersumber pada Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 177.
Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697
Darmawan, I. P. A., Hidana, R., Hasibuan, A. K. H., Ma’arif, M., Irwanto, Kristanto, T., Kuswiyanti, T. S., Suparmanto, Pulungan, N. A., Surahmat, A., & Sallu, S. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Darmawan, I. P. A., & Purnamawati, Y. (2023). Concept of Imago Dei, and Implication for Christian Education. Abraka Journal Of Religion and Philosophy, 3(2), 385–417. http://abrakajournal.com/index.php/ajrp/article/view/52
Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655
Farcis, F.-. (2019). The effectiveness of mcts learning model to improve critical thinking skills and disposition. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(2), 1713. https://doi.org/10.26740/jpps.v8n2.p1713-1721
Gule, Y. (2021). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 89–104. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.183
Halawa, A. M., Koamesakh, A. E., Wasiyono, N., & Boiliu, F. M. (2022). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6742–6753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2947
Heong, Y. M., Ping, K. H., Md Yunos, J., Othman, W., Kiong, T. T., Mohamad, M. M., & Ching, K. B. (2019). Effectiveness of Integration of Learning Strategies and Higher-Order Thinking Skills for Generating Ideas among Technical Students. Journal of Technical Education and Training, 11(3). https://doi.org/10.30880/jtet.2019.11.03.005
Hisham, M. H. M., Kamin, Y., & Saud, M. S. (2018). Reliability index of critical thinking among electrical technology teachers. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.29), 1069. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.14314
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Karnawati, K., & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 82–89. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.127
Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Batu, D. P. L. (2024). Analisis Nilai–Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dalam Penerapannya pada Profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai T.P 2022/2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.437
Langi, E. A., Arifianto, Y. A., & Elisa, S. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Nilai Toleransi. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.53547/rdj.v3i1.371
Leng, L. (2020). The Role of Philosophical Inquiry in Helping Students Engage in Learning. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00449
Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Satya Wacana University Press.
Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172–193. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V2I2.75
Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675
Oikonomidis, I., & Sofianopoulou, C. (2022). Critical thinking within the informatics textbook of the second class of the greek lyceum. Education and New Developments 2022 – Volume I, 465–469. https://doi.org/10.36315/2022v1end105
Pramana, C., Susanti, R., Ernawati, K., Darmawan, I. P. A., Miftah, M. Z., Lestyowati, J., Werdiningsih, R., & Ramadhani, R. (2021). Distance Learning In Primary Schools During The Covid-19 Pandemic In Indonesia: Challenges, Solutions, And Projections. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 263–270. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.502
Quitadamo, I. J., Faiola, C. L., Johnson, J. E., & Kurtz, M. J. (2008). Community-based Inquiry Improves Critical Thinking in General Education Biology. CBE—Life Sciences Education, 7(3), 327–337. https://doi.org/10.1187/cbe.07-11-0097
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095
Suciati, S. (2018). Pengembangan kreativitas inovatif melalui pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan, 19(2), 145. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.731.2018
Sumiyati, S., & Mendrofa, E. (2021). Implikasi Pedagogis Pada Sakramen Perjamuan Kudus Dalam Liturgi Gereja. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(1), 116. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.314
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.52220/SIKIP.V1I1.33
Utama, W. W. I., Dhieni, N., & Sumantri, M. S. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pengembangan Diri Guru PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 352. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1641
Widiyanto, M. A., & Darmawan, I. P. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Mengajar terhadap Prestasi Kerja Guru Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 179–187. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p179-187
Widiyanto, M. A., Usat, A., Darius, & Mokodaser, M. D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.11
Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alisyah Alisyah, Riniwati Riniwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.