Peran Guru Agama dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah Negeri dan Swasta Bogor

Authors

  • Romi Lie Sekolah Tinggi Teologi Jaffray Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.849

Keywords:

Guru, Moderasi Beragama, Sekolah Negeri, Sekolah Swasta

Abstract

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk sikap dan nilai-nilai siswa terhadap keberagaman agama, suku, dan budaya. Guru agama, sebagai pilar utama dalam pendidikan agama di sekolah, memiliki tanggung jawab besar dalam membangun moderasi beragama di tengah masyarakat yang multikultural. Dengan dukungan kerangka hukum yang kokoh dan kampanye moderasi beragama yang digalakkan oleh Kementerian Agama, pendidikan agama di Indonesia bertujuan untuk memperkuat harmoni dan pemahaman lintas agama. Tulisan ini membahas peran penting guru agama dalam membangun moderasi beragama di sekolah Negeri dan Swasta kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi pustaka untuk memahami konsep moderasi beragama dan peran guru agama. Hasilnya menunjukkan bahwa moderasi beragama mengacu pada pendekatan dalam menjalani kehidupan beragama yang seimbang, bijaksana, dan menghormati nilai-nilai kemanusiaan serta kepentingan umum. Guru agama dapat membantu membangun moderasi beragama dengan memahamkan siswa tentang ajaran agama secara inklusif, mendorong dialog antaragama, menekankan pentingnya toleransi, memberikan bimbingan spiritual, dan mengelola program keagamaan yang inklusif. Peran guru agama dalam membangun moderasi beragama di sekolah sangatlah penting. Dengan memperkuat nilai-nilai positif dalam agama dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, guru agama dapat membantu menciptakan peserta didik yang memiliki sikap inklusif dan moderasi dalam beragama.

References

Abror, M. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI: MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Anggraeni, M., Febriyani, S. A., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI SISWA SEKOLAH DASAR PADA KEBERAGAMAN DI INDONESIA. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694

Ar, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

Dianita, G., Firdaus, E., & Anwar, S. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TOLERANSI DI SEKOLAH: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16752

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Hasan, Z. (2018). DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v12i2.152

Hukumonline, T. (2023). Makna Pasal 29 UUD 1945 tentang Kebebasan Beragama. hukumonline.com. https://www.hukumonline.com/berita/a/makna-pasal-29-uud-1945-tentang-kebebasan-beragama-lt656d5dae88d2c/

Kemenag. (2020). Kenapa Harus Moderasi Beragama? https://kemenag.go.id. https://kemenag.go.id/opini/kenapa-harus-moderasi-beragama-an4gk2

Kementerian Agama RI. (2019). Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Konsep Moderasi Beragama. (2024).

Krismiyanto, A., & Kii, R. I. (2023). MEMBANGUN HARMONI DAN DIALOG ANTAR AGAMA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 238–244. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18822

Loho, M. I., & Wagiu, M. M. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Dialog Antar Umat Beragama. DEDICATIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), Article 2.

Messakh, J. J., Boiliu, E. R., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5678

Nisa, M. K., Yani, A., Andika, A., Yunus, E. M., & Rahman, Y. (2021). Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital. Jurnal Riset Agama, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15100

PERATURAN PRESIDEN NO. 18 TAHUN 2020. (2020). TENTANG Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. https://jdih.bappenas.go.id/peraturan/detailperaturan/1037

Prasetya, P. A. (2022). Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Agama Inklusif: Studi Kasus di Smk Wira Harapan – Bali. DIDAXEI, 3(1), 356–366.

Prayitno, I. S. P., Katarina, K., & Sitorus, T. T. (2021). Sikap Kristen dalam Merawat Kerukunan NKRI Melalui Tindakan Kasih(Berdasarkan Roma 12:9-10). Integritas: Jurnal Teologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47628/ijt.v3i1.57

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.569

Ramadhani, A., & Setyoningrum, M. U. (2023). PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 7 SAMARINDA. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 76–89. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1802

Robyn. (2023, Juni 20). Moderasi Beragama: Wadah Membangun Indonesia yang Maju dan Harmonis. STAKPN SENTANI. https://stakpnsentani.ac.id/2023/06/20/moderasi-beragama-wadah-membangun-indonesia-yang-maju-dan-harmonis%EF%BF%BC/

Rumahuru, Y. Z., & Talupun, J. S. (2021). Pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama: Strategi merawat keberagaman di Indonesia. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.323

Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi Beragama. Kementrian Agama Republik Indonesia.

Saputra, R. E. (2018). Keberagamaan Muslim Gen-Z, Survei nasional tentang Keberagamaan di Sekolah dan Universitas di Indonesia.

Sidabutar, H., & Marbun, P. (2023). Menyemai Moderasi Beragama dalam Konteks Indonesia Negara Pancasila yang Plural. Integritas: Jurnal Teologi, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47628/ijt.v5i2.216

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Syarnubi, S., Fauzi, M., Anggara, B., Fahiroh, S., Mulya, A. N., Ramelia, D., Oktarima, Y., & Ulvya, I. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), Article 1.

Tanamal, N. A., & Siagian, S. B. U. (2020). Pancasila Sebagai Landasan Visional bagi Spiritualitas Kehidupan Bangsa Indonesia dalam Menangani Intoleransi. Integritas: Jurnal Teologi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47628/ijt.v2i1.22

Toleransi dan Moderasi Beragama di Sekolah. (2022). Creative Youth for Tolerance.

Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.61

Downloads

Published

2024-06-19