Peran Pendidikan Kristen dalam Membentuk Karakter Komunikatif Mahasiswa di Era Digital

Authors

  • Urbanus Urbanus Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.848

Keywords:

Peran Pendidikan Kristen, Karakter Komunikatif, Era Digital

Abstract

Era digital ditandai dengan kemajuan teknologi dan perubahan yang cepat. Sehingga kemampuan komunikasi menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki. Pendidikan Kristen berperan dalam membentuk karakter komunikatif mahasiswa di era digital. Permasalahan yang terjadi di era digital yaitu kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya kemampuan berkomunikasi.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengekplorasi peran pendidikan Kristen dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kemampuan berkomunikasi di Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya. Tujuan ini akan dicapai dengan mengidentifikasi masalah kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya kemampuan berkomunikasi, serta mengevaluasi efektivitas pendekatan pendidikan Kristen dalam mengatasi tantangan ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan penelitian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Kristen berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter komunikatif mahasiswa yaitu: Pertama, membentuk nilai-nilai etis dan moral. Kedua, mengajarkan komunikasi yang penuh kasih. Ketiga, melaksanakan pendidikan tentang etika digital. Keempat, mengembangkan keterampilan literasi digital. Kelima, melakukan pembinaan karakter melalui pembelajaran berbasis aktivitas. Keenam, menjadi model peran atau teladan. Ketujuh, menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pendidikan Kristen memiliki potensi besar dalam membentuk karakter komunikatif mahasiswa di era digital. Melalui pembentukan karakter komunikatif mahasiswa dapat berinteraksi dengan baik diberbagai platform digital, menjaga etika, dan menyampaikan pesan dengan jelas dan sopan.

References

Darmawan, I. P. A., Mardin, J., & Urbanus. (2023). Pendidikan dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 50–61. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.702

Darmawan, I. P. A., & Triastanti, D. (2020). Pola Perwalian Sebagai Pembinaan Akademik, Kerohanian dan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.32

Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655

Diana, R. (2019). Peran Komunikator Kristen Dalam Strategi Pekabaran Injil Di Era Revolusi Industri 4.0. Integritas: Jurnal Teologi, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.47628/ijt.v1i1.3

Diana, R., Saptorini, S., Darmawan, I. P. A., Objantoro, E., & Katarina. (2023). Digital Media Usage for Christian Discipleship in Technological Disruption Era. Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities and Christian Education 2022 (ICONTHCE 2022), 216–223. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-160-9_24

Dwici, N., Manik, Y., & Tanasyah, Y. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Moral Peserta Didik. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 50–62. https://doi.org/10.55076/DIDACHE.V2I1.41

Hendky Hasugian, S., Waldes Hasugian, J., & Tinggi Teologi Sumatera Utara, S. (2021). Spiritualitas Pendidik Kristen dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 24–31.

Hendri, L., Zakaria, Z., & Urbanus, U. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Lingkup Sekolah Tinggi Teologi di Indonesia. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 4(1), 84–97. https://doi.org/10.55097/sabda.v4i1.81

Hidayati, A. (2016). Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. In Jakarta: Kencana.

Jannah, R. T. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Kerja Islam Baitul Maal Wattamwil (BMT) Kota Pekanbaru. Jurnal Syntax Admiration, 2(1).

Karlau, S. A., & Rukua, I. S. (2023). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Menyikapi Post-Truth Pada Era Disrupsi Teknologi Informasi. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 47–69. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.650

Marice, M., & Urbanus, U. (2022). Implementasi Lima Nilai Budaya Kerja dalam Penguatan Karakter Di Lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 33–54. https://doi.org/10.46305/im.v3i1.103

Nasution, N., Dewi, E., & Qiyarotul Ummah, S. V. R. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Nggebu, S. (2022). Guru agama Kristen Sebagai Teolog Praktika Garis Depan Bagi Siswa. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.495

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., Fajrie, N., & Artikel, S. (2020). Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. 2020, 3(1), 105–1117.

Nugroho, A., & Pangestika, A. N. (2017). Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(2a), 1–5.

Nurhidayah, S., & Utami, F. (2023). Stimulasi Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Anak Usia (1-3) Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 527–535. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3499

Penyusun, T. (1989). Kamus Besar Bahasa Indoensia. In Balai Pustaka.

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan di Era 4.0. Jurnal EduTech, 6(1), 109–114.

Sasikirana, V. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456. https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110765

Setiawani, M. G. (2004). Menerobos Dunia Anak. In Bandung: Kalam Hidup.

Simangunsong, M. Z., & Hermanto, Y. P. (2023). Strategi Pembinaan Pemimpin Berkarakter Kristen Sebagai Upaya Gereja Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Bonus Demografi 2030. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 208–224. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.727

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Sopiansyah, D., Masruroh, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). In Laaroiba.

Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Industri 4.0. INSTITUTIO: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 45–62. https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243

Urbanus. (2021a). Gereja yang Sehat Implementasi Nilai Karakter Cinta Damai sebagai Upaya Mewujudkan Gereja yang Sehat. IMMANUEL: Jurnal Teoogi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1, 103–114.

Urbanus. (2021b). Model Penanaman Nilai Karakter Disiplin Mahasiswa dalam Meningkatkan Sumber Daya Unggul di Era 4.0. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 127–142. https://doi.org/10.46305/im.v2i2.82

Usman, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Merdeka Pasuruan, 2(3), 1–14.

Wijoyo, H. (2021). Sumber Daya Manusia Unggul Di Industry 4.0. In Insan Cendekia Mandiri.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93

Downloads

Published

2024-06-19