Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Yuli Purnamawati Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Ni Kadek Sri Widyawati Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.845

Keywords:

Kompetensi Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Kristen, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pemerintah terus meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu langkah awal yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan menyelaraskan program pendidikan dengan pertumbuhan. Pemerintah sedang mengembangkan kurikulum, dengan aspek yang paling penting adalah pengembangan profil pembelajaran Pancasila. Artikel ini memberikan kerangka konseptual pemahaman kompetensi guru pendidikan Kristen dalam konteks profil pembelajaran Pancasila. Analisis literatur digunakan untuk memperoleh ringkasan topik penelitian. Dalam pengembangan profil pembelajaran Pancasila, kompetensi guru PAK dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di mana berbagai tingkat kepercayaan dan keyakinan dipupuk dan dipupuk. Kemudian, guru PAK memiliki kemampuan untuk meningkatkan toleransi dan mengurangi konflik. Setelah itu, kompetensi guru PAK terkait dengan pendidikan moral dan etika. Kompetensi kepribadian guru PAK juga memainkan peran penting dalam pengembangan keterampilan sosial siswa, termasuk kemampuan untuk bekerja sama, berempati, dan memahami perspektif orang lain.

References

Ahmadi, A., & Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta.

Aliyah, A., Hawi, A., & Mardeli, M. (1970). Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas IX Di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 128–138. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3231

Alwadai, M. A. M., & Alhaj, A. A. M. (2023). Perspectives of High School Teachers on the Role of Values Education in the Curriculum: A Qualitative Study at Asir District, Saudi Arabia. Technium Social Sciences Journal, 40, 617–629. https://doi.org/10.47577/tssj.v40i1.8486

Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023). Psikologi Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 2. https://doi.org/orcid.org/0009-0002-5223-4282

Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222

Bakar, A. (2015). Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123–131.

Burhanuddin, A. (2019). Membangun Karakter Siswa, Guru Dapat Lakukan 7 Hal Berikut. Diakses Dalam Https://Siedoo. Com/Berita-24826-Membangun-Karakter-Siswa-Guru-Dapat-Lakukan-7-Hal-Berikut.

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697

Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655

Diana, R., Br. Simamora, E. S., Br. Perangin-angin, D., & Okoi, I. O. (2023). Christian Worker Analogy According to 2 Timothy 2:1-13 and Its Implications for Sunday School Teacher Professionalism. Integritas: Jurnal Teologi, 5(2), 108–119. https://doi.org/10.47628/ijt.v5i2.208

Francisca, L., Diarsi, S., Asrini, V. I., Handrajati, M. R., & Adenan, A. (2022). Kebhinekaan dan Keberagaman : Integrasi Agama Ditengah Pluralitas. Alsys, 2(2), 233–244. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.257

Fukuyama, F. (1995). Social capital and the global economy. Foreign Aff., 74, 89.

Jati, W. R. (2014). Toleransi Beragama Dalam Pendidikan Multikulturalismesiswa Sma Katolik Sang Timur Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1863

Kahfi, A. (2022). Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5, 138–151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Karlau, S. A., & Rukua, I. S. (2023). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Menyikapi Post-Truth Pada Era Disrupsi Teknologi Informasi. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 47–69. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.650

Koesoema, A. D. (2012). Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh. PT Kanisius.

Legi, H., & Keriapy, F. (2022). Pendidikan Agama Kristen sebagai Sebuah Usaha Menumbuhkan Sikap Toleransi. KHharismata Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 187–198. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.127

Lumbantobing, R. A., & Naibaho, D. (2023). Peran Kopetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 167–171. https://doi.org/doi.org/10.62017/merdeka.v1i1.493

Manahung, M. R., Solong, N. P., Datunsolang, R., Hasiru, R., & Tilome, A. A. (2022). The Strategy of Interfaith Education Figures in Managing Religious Tolerance in Banuroja Village, Gorontalo. Interdisciplinary Social Studies, 2(2), 1641–1650. https://doi.org/10.55324/iss.v2i2.329

Martins, E. (2024). Values Education: An Educational Approach to Train Students in the 1st Cycle of Portuguese Basic Education for Citizenship. Social Science and Humanities Journal, 8(02), 34529–34542. https://doi.org/10.18535/sshj.v8i02.944

Mawardi, M. (2015). Reaktualisasi Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Kemajemukan Sosial. SUBSTANTIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 17(1), 55–66.

Mursyidah, A., Azzahro, A. N., Rahmah, D. A., Maziyah, E. N., Fadliyah, L. S., Sabrina, N. P., & Meitasari, R. T. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Unipa Surabaya, April, 1112–1118.

Nahar, S. (2017). Standar Kompetensi Kepribadian Guru (A. M. Syam (ed.)). Atap Buku.

Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675

Pujuati, D. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699.

Puspitasari, Handayani, Ayu, D., & Mulyo, M. (2014). Tingkat, Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 59–68.

Ramayulis, H. (2013). Profesi dan etika keguruan. In Kalam Mulia.

Rega Afriana. (2016). Pengaruh-Kompetensi-Kepribadian-Guru-Terhadap-Minat-Belajar-Siswa. 2–2.

Riniwati, R. (2016). Iman Kristen Dalam Pergaulan Lintas Agama. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 21–36.

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Rumende, K. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Masyarakat.

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manjaemen Pendidikan, 7(2), 209–217.

Simangunsong, M. Z., & Hermanto, Y. P. (2023). Strategi Pembinaan Pemimpin Berkarakter Kristen Sebagai Upaya Gereja Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Bonus Demografi 2030. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 208–224. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.727

Suardana, I. M. (2022). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Maksimalisasi Pembelajar Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.498

Suardana, I. M., & Darmawan, I. P. A. (2022). Pillars Of Pluralistic Education For Christian Education In The Context Of Multicultural Indonesia. Eduvest - Journal Of Universal Studies, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.36418/edv.v2i1.327

Suardana, I. M., Darmawan, I. P. A., & Runtukahu, R. O. (2023). Multicultural Christian Education in an Indonesian Church Context. Pharos Journal of Theology, 104(2). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.28

Suprihatiningrum, J., & Profesional, G. (2014). Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Tabroni, I., Abdillah, D. M., Nurjanah, S., & Fakhrunnisa, S. (2022). The Role Of The PAI Teacher In Implementing The Values Of Inter-Religious Tolerance In Students. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(2), 779–786. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.438

Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 98–112. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.120

Yaldi, R. H., & Wirdati, W. (2023). Analisis Persepsi Guru Pai Tentang Tema Bangunlah Jiwa dan Raga Pada Projek Stop Bullying Dalam Pelaksanaan P5. Fakulitas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 2. https://doi.org/doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9027

Yulianti, & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.

Zaini, H. (2015). Kompetensi Guru PAI. In Palembang: Noer Fikri Ofesst.

Zakiah, S., & Ainiyah, Q. (2019). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al Muta’alim dalam Perspektif Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 42–49. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v3i1.42

Downloads

Published

2024-06-19