Gaya Belajar Generasi Z Dalam Pendidikan Kristen Di Gereja, Sekolah dan Keluarga: Sebuah Usulan dalam Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.842Keywords:
Gaya Belajar, Generasi Z, Pendidikan Kristen, Pendidikan di Gereja, Pendidikan di Sekolah, Pendidikan KeluargaAbstract
Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, membawa perubahan signifikan dalam pendekatan pendidikan. Artikel ini mengeksplorasi gaya belajar Generasi Z dalam konteks pendidikan Kristen di gereja, sekolah, dan keluarga. Pendekatan pendidikan yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang preferensi belajar siswa. Generasi Z dikenal karena keterampilan teknologi tinggi, preferensi untuk pembelajaran visual dan interaktif, serta keinginan untuk keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang terintegrasi antara pendidikan Kristen, baik di gereja, sekolah, maupun keluarga, dapat memperkuat nilai-nilai spiritual sambil memenuhi kebutuhan belajar Generasi Z. Usulan dalam pendidikan nasional perlu mempertimbangkan adaptasi kurikulum yang responsif terhadap preferensi belajar ini.
References
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107–119.
Darmawan, I. P. A. (2014). Pendidikan Kristen di Era Postmodern. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 37–46. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/3
Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50
Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697
Darmawan, I. P. A., Hidana, R., Hasibuan, A. K. H., Ma’arif, M., Irwanto, Kristanto, T., Kuswiyanti, T. S., Suparmanto, Pulungan, N. A., Surahmat, A., & Sallu, S. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Darmawan, I. P. A., Tanhidy, J., & Doma, Y. (2024). Youth key persons ’ digital discipleship process during the pandemic and post-pandemic era. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 80(1), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v80i1.9673
Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655
Diana, R., Saptorini, S., Darmawan, I. P. A., Objantoro, E., & Katarina. (2023). Digital Media Usage for Christian Discipleship in Technological Disruption Era. Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities and Christian Education 2022 (ICONTHCE 2022), 216–223. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-160-9_24
Djami Bale, S. U., & Hattu, J. V. D. (2023). Metode Pembelajaran Ramah Remaja di GMIT Jemaat Kalvari Maumere. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 166. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.685
Hale, M. (2021). Pendidikan Kristiani Intergenerasi sebagai Upaya Memulihkan Kehidupan Bergereja. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(2), 284–294.
Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 62–74. https://doi.org/10.46494/psc.v16i1.72
Howe, N. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation. Vintage Books.
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1). https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562
Issa, T., & Isaias, P. (2016). Internet factors influencing generations Y and Z in Australia and Portugal: A practical study. Information Processing & Management, 52(4), 592–617. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2015.12.006
Karlau, S. A., Rukua, I. S., & Ismail, J. K. (2022). Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 124. https://doi.org/10.46445/djce.v3i2.542
Lase, D. (2022). Keterampilan dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(2), 53–66. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.98
Lumban Tobing, L., Lumban Gaol, N. T., Gultom, R., Situmorang, M., & Sitio, R. J. T. (2021). Pengembangan Prodi Manajemen Pendidikan Kristen: Sebuah Studi Kasus. Didache: Journal of Christian Education, 2(2), 115. https://doi.org/10.46445/djce.v2i2.421
Mary, E. (2020). Implikasi Ulangan 5:16 Dalam Pendidikan Keluarga. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 141. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.331
Mutiara, T., & Kusumawardhani, D. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Generasi Z. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p192
Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172–193. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V2I2.75
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277
Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675
Pardede, P. (2019). Menjadi Guru “Zaman Now” dan Cara Pembelajaran Siswa Memasuki Era Industri 4. 0 1. English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI, July, 0–19.
Pradnyani, N. G. P. A. (2023). Gerakan Ramah Anak dalam Pendidikan Agama Kristen Di tengah Budaya Suku Bali yang Patriarki. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.671
Preskila, E., & Jatmiko, B. (2020). Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21 dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 153–168. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.345
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Rahmatullah, A. S. (2017). Pendidikan Keluarga Seimbang yang Melekat Sebagai Basis yang Mencerahkan Anak di Era Digital. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 15(2), 211–224.
Saputra, T. (2022). Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 6(1), 55–72.
Sidjabat, B. S. (2021). Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI.
Suardana, I. M. (2022). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Maksimalisasi Pembelajar Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.498
Supriadi, M. N., & Alpasa, Y. D. (2022). Pentingnya Pengajaran Yang Benar Bagi Generasi Z: Sebuah Kajian Integrasi Teologi & Media Sosial. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.240
Tabaleku, R. E. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Untuk Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Agama Kristen Di STAK Anak Bangsa Surabaya. Inculco Journal of Christian Education, 3(2), 146–166. https://doi.org/10.59404/ijce.v3i2.145
Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56.
Waluyo, W., Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2022). Buy now, pay later: pembelian impulsif generasi muda melalui paylater. Among Makarti, 15(3). https://doi.org/10.52353/ama.v15i3.338
Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 98–112. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.120
Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. JURNAL LUXNOS, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Lidya Wenas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.