Gaya Belajar Generasi Z Dalam Pendidikan Kristen Di Gereja, Sekolah dan Keluarga: Sebuah Usulan dalam Pendidikan Nasional

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.842

Keywords:

Gaya Belajar, Generasi Z, Pendidikan Kristen, Pendidikan di Gereja, Pendidikan di Sekolah, Pendidikan Keluarga

Abstract

Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, membawa perubahan signifikan dalam pendekatan pendidikan. Artikel ini mengeksplorasi gaya belajar Generasi Z dalam konteks pendidikan Kristen di gereja, sekolah, dan keluarga. Pendekatan pendidikan yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang preferensi belajar siswa. Generasi Z dikenal karena keterampilan teknologi tinggi, preferensi untuk pembelajaran visual dan interaktif, serta keinginan untuk keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang terintegrasi antara pendidikan Kristen, baik di gereja, sekolah, maupun keluarga, dapat memperkuat nilai-nilai spiritual sambil memenuhi kebutuhan belajar Generasi Z. Usulan dalam pendidikan nasional perlu mempertimbangkan adaptasi kurikulum yang responsif terhadap preferensi belajar ini.

Author Biography

Maria Lidya Wenas, (Sinta ID: 6718446) Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah

Web of Science: 3023125
Sinta ID: 6718446
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1045-8643
Google Scholar ID: aN90O_EAAAAJ

References

Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(1), 107–119.

Darmawan, I. P. A. (2014). Pendidikan Kristen di Era Postmodern. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 37–46. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/3

Darmawan, I. P. A. (2019). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697

Darmawan, I. P. A., Hidana, R., Hasibuan, A. K. H., Ma’arif, M., Irwanto, Kristanto, T., Kuswiyanti, T. S., Suparmanto, Pulungan, N. A., Surahmat, A., & Sallu, S. (2022). Pengajaran Berbasis Teknologi Digital. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Darmawan, I. P. A., Tanhidy, J., & Doma, Y. (2024). Youth key persons ’ digital discipleship process during the pandemic and post-pandemic era. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 80(1), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v80i1.9673

Dewantoro, T. T., & Sinaga, A. K. H. (2023). Peran Imajinasi Untuk Pendidikan Kristen yang Transformatif. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 127–148. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.655

Diana, R., Saptorini, S., Darmawan, I. P. A., Objantoro, E., & Katarina. (2023). Digital Media Usage for Christian Discipleship in Technological Disruption Era. Proceedings of the International Conference on Theology, Humanities and Christian Education 2022 (ICONTHCE 2022), 216–223. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-160-9_24

Djami Bale, S. U., & Hattu, J. V. D. (2023). Metode Pembelajaran Ramah Remaja di GMIT Jemaat Kalvari Maumere. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 166. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.685

Hale, M. (2021). Pendidikan Kristiani Intergenerasi sebagai Upaya Memulihkan Kehidupan Bergereja. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 5(2), 284–294.

Harmadi, M., & Jatmiko, A. (2020). Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial. PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(1), 62–74. https://doi.org/10.46494/psc.v16i1.72

Howe, N. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation. Vintage Books.

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1). https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Issa, T., & Isaias, P. (2016). Internet factors influencing generations Y and Z in Australia and Portugal: A practical study. Information Processing & Management, 52(4), 592–617. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2015.12.006

Karlau, S. A., Rukua, I. S., & Ismail, J. K. (2022). Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 124. https://doi.org/10.46445/djce.v3i2.542

Lase, D. (2022). Keterampilan dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(2), 53–66. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i2.98

Lumban Tobing, L., Lumban Gaol, N. T., Gultom, R., Situmorang, M., & Sitio, R. J. T. (2021). Pengembangan Prodi Manajemen Pendidikan Kristen: Sebuah Studi Kasus. Didache: Journal of Christian Education, 2(2), 115. https://doi.org/10.46445/djce.v2i2.421

Mary, E. (2020). Implikasi Ulangan 5:16 Dalam Pendidikan Keluarga. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 141. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.331

Mutiara, T., & Kusumawardhani, D. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Generasi Z. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–201. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p192

Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172–193. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V2I2.75

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Nggebu, S., & Mardiani, R. (2023). Aktualisasi Karakter Kristus Menurut Philip Yancey Bagi Pendidikan Iman Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 4(2), 190. https://doi.org/10.46445/djce.v4i2.675

Pardede, P. (2019). Menjadi Guru “Zaman Now” dan Cara Pembelajaran Siswa Memasuki Era Industri 4. 0 1. English Education Department (Pendidikan Bahasa Inggris) UKI, July, 0–19.

Pradnyani, N. G. P. A. (2023). Gerakan Ramah Anak dalam Pendidikan Agama Kristen Di tengah Budaya Suku Bali yang Patriarki. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.671

Preskila, E., & Jatmiko, B. (2020). Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21 dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 153–168. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.345

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Rahmatullah, A. S. (2017). Pendidikan Keluarga Seimbang yang Melekat Sebagai Basis yang Mencerahkan Anak di Era Digital. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 15(2), 211–224.

Saputra, T. (2022). Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 6(1), 55–72.

Sidjabat, B. S. (2021). Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI.

Suardana, I. M. (2022). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Maksimalisasi Pembelajar Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.498

Supriadi, M. N., & Alpasa, Y. D. (2022). Pentingnya Pengajaran Yang Benar Bagi Generasi Z: Sebuah Kajian Integrasi Teologi & Media Sosial. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 5(1), 41–55. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.240

Tabaleku, R. E. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Untuk Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Agama Kristen Di STAK Anak Bangsa Surabaya. Inculco Journal of Christian Education, 3(2), 146–166. https://doi.org/10.59404/ijce.v3i2.145

Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56.

Waluyo, W., Nurohman, Y. A., & Qurniawati, R. S. (2022). Buy now, pay later: pembelian impulsif generasi muda melalui paylater. Among Makarti, 15(3). https://doi.org/10.52353/ama.v15i3.338

Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 98–112. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.120

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. JURNAL LUXNOS, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145

Downloads

Published

2024-06-12