Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Menghormati Orang Lain Pada Siswa Kelas IV SDN 003 Malinau Kota

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.706

Keywords:

Peran Guru, Pembentukan Karakter, Menghormati orang lain

Abstract

Peran guru dalam pendidikan karakter menghormati orang lain dapat dilakukan melalui kegiatan rutin yang dilakukan berulang-ulang setiap hari. Guru juga dapat berperan melalui kegiatan spontan seperti memberi apresiasi dan menegur ketika siswa melakukan kesalahan. Selain itu guru juga dapat berperan melalui kegiatan – kegitan untuk mengkondisikan pembentukan karakter siswa. Dan  guru juga dapat berperan dengan memberikan teladan yang baik kepada siswa. Guru juga dapat berperan melalui penguatan mata pelajaran di dalam RPP, proses belajar mengajar, serta penilaian dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara tak terstruktur kepada Wali Kelas, Guru Agama Kristen, Guru Bahasa Inggris, Guru Mulok, Guru PJOK dan 2 orang siswa sebagai responden. Untuk triangulasi data, peneliti membandingkan hasil wawancara para guru dengan wawancara kepada siswa. Hasil dari penelitian ini adalah guru sudah berperan dalam pembentukan karakter menghormati orang lain kepada siswa kelas IV SDN 003 Malinau Kota.

Author Biography

Astrid Maryam Yvonny Nainupu, Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Sinta ID: 6673789

S1 Teologi dari Sekolah Tinggi teologi Aletheia Malang, S2 Pendidikan Agama Kristen dari Sekolah Tinggi Teologi Baptis Semarang

References

Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) (A. Mardati, H. Hanifa, Sukma, S. Tutur, & Martaningsih (eds.)). UAD Press.

Agustina, R., Khaleda, I., & Maula, L. H. (2021). ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SBDP DI KELAS ANALYZING THE TEACHER ’ S ROLE IN SBDP ONLINE LEARNING IN LOWER CLASSES OF ELEMENTARY SCHOOL PRIMARY. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 10(6), 1490–1496.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Gramedia.

Cahyaningrum, E. septi, Sudaryanti, & Purwanto, nurtanio agus. (2019). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561

Hasiba, C., & Febrianti, N. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Kembangan Utara 05 Pagi. Dinamika PPKn Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.614

Lepa, F., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2019). Analisis Intergrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa kelas 4 Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Kebonsari 2 malang. 4, 339–347.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.

Nasional, K. P. (2010). Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. TP.

Nokas, S. S., Nitte, Y. M., & Mbuik, H. B. (2021). Peran Guru Kelas sebagai Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9.

Octavita, I. A., & Saraswati, R. (2017). Integrasi Pendidikan Berkarakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 33–40.

Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Sasiwi, E. H. N. (2016). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Karakater Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Univeritas Negeri Yogyakarta.

Soryani, S. (2015). Penanaman Sikap Toleransi Di Kelas V Sd Negeri Siyono Iii Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17.

Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i1.1542

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953

Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 95–104. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21678

Downloads

Published

2023-06-30