Peran Kompetensi Kepribadian Dosen Dalam Pembentukan Disiplin Rohani Mahasiswa STT Simpson

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.705

Keywords:

Dosen, karakter disiplin, kompetensi kepribadian

Abstract

Kemajuan dalam dunia pendidikan tidak dapat terlepas dari peran penting seorang tenaga pendidik. Keberadaan seorang tenaga pendidik memberi pengaruh yang sangat besar dalam proses pendidikan seorang peserta didik, baik dalam perkembangan pengetahuan maupun dalam pembentukan karakternya. Seorang tenaga pendidik harus memahami empat kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru atau dosen sesuai yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005, yaitu kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial. Kompetensi kepribadian seorang dosen memiliki pengaruh dalam proses pembentukan karakter disiplin mahasiswa. Bagaimana peran kompetensi kepribadian dosen dalam pembentukan karakter disiplin mahasiswa STT Simpson? Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, serta studi literatur tujuan yang hendak dicapai dari tulisan ini adalah untuk menemukan peran dari kompetensi kepribadian dosen dalam pembentukan karakter disiplin mahasiswa STT Simpson. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kompetensi kepribadian dosen dengan pembentukan karakter disiplin rohani mahasiswa. Namun, perlu karya Roh Allah untuk mendukung pembentukan karakter disiplin rohani mahasiswa.

Author Biography

Maria Lidya Wenas, Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Jawa Tengah

Web of Science: 3023125
Sinta ID: 6718446
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1045-8643
Google Scholar ID: aN90O_EAAAAJ

References

Abdullah, H. (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja dosen fakultas teknik unnes. Food Science and Culinary Education Journal, 2(1).

Anderson, L., Loekmono, J. T. L., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Quality Of Life Dan Religiusitas Secara Simultan Terhadap Subjective Well Being Mahasiswa Teologi. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 14. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.194

Darmawan, I. P. A., & Triastanti, D. (2020). Pola Perwalian Sebagai Pembinaan Akademik, Kerohanian dan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.32

Diana, R., & Silitonga, A. R. (2021). Konsep Alkitab tentang Peran Roh Kudus dalam Penginjilan. Jurnal Teologi Praktika, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.51465/jtp.v2i1.22

Ermansyah, R., & Mantau, B. A. K. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru dan Pengaruhnya terhadap Karakter Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 202–221.

Goni, M. (2019). Pengaruh Pemahaman Tentang Roh Kudus Terhadap Disiplin Rohani Mahasiswa. Jurnal Rhema, 5(2).

Hutapea, R. H. (2019). Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 1(2), 66–75. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/44

Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi Spritualitas dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(1), 13–25. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24

Lase, F. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(1).

Makasengku, A., Mononimbar, Y. Y., & Daryanto, N. (2022). Dampak Pola Mentoring terhadap Proses Pembentukan Karakter Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen di STAK Terpadu Pesat. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 27–38.

Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Satya Wacana University Press.

Octaviana, Y. (2015). ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI , KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA DOSEN YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama). Universitas Widyatama.

Paath, J., & Ziliwu, W. (2023). DISIPLIN ROHANI BAGI MAHASISWA STT EBENHAEZER: PRESPEKTIF DALAM PERJANJIAN LAMA. Manna Rafflesia, 9(2), 313–326.

Sagala, L. D. J. F., Priskila, K., Susanty, A., & Kristina, J. (2020). Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 25. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.292

Saragih, R. (2022). Pengaruh Disiplin Rohani Terhadap Karakter Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Cultivation, 6(1).

Setiawani, M., & Tong, S. (2010). Seni Membentuk Karakter Kristen. Momentum.

Simpson, A. B. (1984). The Four-fold Gospel. Christian Publications.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Wenas, M. L., Br Simamora, E. S., Maharin, M., Candra, J. A., & Priskila, R. (2021). Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.3

Wibowo, M., Tanhidy, J., & Ming, D. (2022). The role of the Holy Spirit for Church Believers in the Hermeneutic context between Biblical Authority, Illumination and Interpretation. Pharos Journal of Theology, 103(2). https://doi.org/10.46222/pharosjot.103.2039

Downloads

Published

2023-06-30