Pendidikan dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Authors

  • I Putu Ayub Darmawan Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran http://orcid.org/0000-0002-9467-8925
  • John Mardin Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran
  • Urbanus Urbanus Sekolah Tinggi Teologi Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.702

Keywords:

Pendidikan dalam Gereja, Partisipasi Kristen, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Abstract

Pendidikan dalam gereja berpengaruh bagi generasi gereja. Pendidikan dalam gereja sebagai bentuk partisipasi Kristen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa didasari oleh fondasi teologis. Ada beberapa prinsip dalam Alkitab dan misi gereja yang menjadi dasar teologis pendidikan dalam gereja yaitu, pendidikan dalam gereja adalah tanggung jawab orang Kristen. Orang percaya harus meneruskan pengajaran dan pembinaan pada generasi selanjutnya. Kemudian pendidikan dalam gereja juga merupakan sebuah pembentukan karakter. Setiap anggota gereja didik untuk memiliki karakter yang serupa dengan Kristus. Selanjutnya, pendidikan dalam gereja juga adalah sebuah misi membawa orang menjadi murid Kristus. Kemudian, pendidikan dalam gereja juga untuk membawa jemaat mengenal Allah dan firman-Nya. Pendidikan dalam gereja membawa jemaat pada pembinaan iman dan ketekunan. Dari fondasi teologis yang terdapat dalam prinsip-prinsip Alkitab tersebut menghasilkan bentuk partisipasi Kristen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Adapun bentuk pendidikan dalam gereja yang berkontibusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, yaitu Pendidikan Agama Kristen. Kontribusi yang dilakukan oleh pendidikan agama Kristen meliputi 1) Pengajaran dasar iman Kristen, studi Alkitab dan juga praktik spiritual; 2) Sekolah Minggu yang merupakan pendidikan non-formal yang diselenggaran gereja untuk memberikan pembentukan karakter anak-anak sehingga memiliki moralitas yang baik; 3) Membentuk kelompok kecil atau persekutuan dalam gereja dapat membantu anggota gereja dalam pembelajaran dan pertumbuhan rohani bagi anggota gereja dengan konsep belajar bersama, berdiskusi, saling mendudukang dan menerapkan nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari; 4) Gereja yang mendirikan sekolah Kristen tidak hanya memberikan kontribusi dalam aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan spiritual siswa; 5) Pelayanan Sosial dan Pembinaan Karakter. Gereja mendorong anggotanya untuk berkontribusi dalam pelayanan sosial sebagai bentuk partisispasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Author Biography

I Putu Ayub Darmawan, Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Scopus ID: 58076350100
Web of Science: 1397394
Sinta ID: 17897
Google Scholar: 8g7Zpo8AAAAJ
Orcid ID: https://orcid.org/0000-0002-9467-8925

I studied Christian education, theology, and education management. I am very interested in methods and technologies that support the development of (a) Christian education and (b) educational theology. My goal is to advance Christian education through research, design, and meaningful teaching and learning practices in classrooms, communities, homes, and digital/online spaces. I am a teacher at Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia.

Education
Dr. Sekolah Tinggi Filsafat Theology Jaffray Makassar, Indonesia
2013 - M.Pd. S2 di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
2009 - S.Pd.K. Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia

Competence
Church Education, Christian Education, Theological Education, Multidisciplinary Research, Philosophy of Education, Practical Theology

References

Adi Saingo, Y. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Lili. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(1). https://doi.org/10.52960/a.v3i1.176

Anggoro, A. B., & Sari, A. G. (2021). Etika Peserta Didik Dalam Cyber System: Sebuah Tinjauan Etis Alkitabiah Pada Pembelajaran Era Pendidikan 4.0. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 3(1), 34–46. https://doi.org/10.38052/gamaliel.v3i1.64

Bawamenewi, Y., Marbun, L., Fernando, A., & Triposa, R. (2022). Peran Pendidikan Teologi dan Kepemimpinan Kristen dalam Pembentukan Karakter Guru Sekolah Minggu. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.106

Brake, A. (2018). Spiritual Formation: Menjadi Serupa dengan Kristus. Kalam Hidup.

Darmawan, I. P. A. (2016). Peran Gereja Dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 205–216. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/16

Darmawan, I. P. A. (2019a). Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius 28:18-20. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), 144–153. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i2.138

Darmawan, I. P. A. (2019b). Pembelajaran Memorisasi Dalam Ulangan 6:6-9. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.50

Darmawan, I. P. A., & Kristanti, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran di Sekolah Minggu. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v5i1.38

Darmawan, I. P. A., & Objantoro, E. (2020). Signifikansi Ineransi Alkitab Bagi Pendidikan Kristen. Sola Scriptura: Jurnal Teologi, 1(1), 36–52. https://journal.sttjohanescalvin.ac.id/index.php/Scriptura/article/view/34

Darmawan, I. P. A., & Priskila, K. (2020). Penerapan Storytelling Dalam Menceritakan Kisah Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu. Kurios (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 6(1), 35–46. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.129

Darmawan, I. P. A., & Triastanti, D. (2020). Pola Perwalian Sebagai Pembinaan Akademik, Kerohanian dan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.32

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212

Djadi, J. (2005). Peranan Pemuda Gereja Dalam Pembangunan Bangsa. Jurnal Jaffray, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.25278/jj71.v3i1.142

Emiyati, A., Darmawan, I. P. A., Martha, I., Urbanus, Katarina, Mary, E., Putri, I. S. P., Mau, M., & Harming. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Masyarakat Majemuk. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Kamarullah, E. D. (2005). Peran serta Jemaat dalam Pelayanan Holistik Gereja Menuju Transformasi Masyarakat (Suatu Upaya Pemberdayaan Jemaat dalam Keutuhan Pelayanan Gereja). Jurnal Jaffray, 1(1), 80. https://doi.org/10.25278/jj71.v1i1.170

Karnawati, K., & Mardiharto, M. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Lase, D., & Hulu, E. D. (2020). Dimensi Spritualitas dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(1), 13–25. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i1.24

Lickona, T. (2001). What is Effective Character Education? Catholic Education Resource Center. https://www.catholiceducation.org/en/education/catholic-contributions/what-is-effective-character-education.html

Lickona, T. (2004). Character Matter: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. Touchstone.

Mary, E., & Darmawan, I. P. A. (2018). Guru Agama Kristen Yang Profesional. Satya Wacana University Press.

Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172–193. https://doi.org/10.47530/EDULEAD.V2I2.75

Ngelow, Z. J. (2014). Turut Membina Indonesia Sebagai Rumah Bersama - Peran Gereja Dalam Politik Di Indonesia. Jurnal Jaffray, 12(2), 213–234. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.16

Nono, M. M. (2021). Pendidikan Keluarga Kristen dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.116

Nugroho, F. J. (2019). Gereja Dan Kemiskinan: Diskursus Peran Gereja Di Tengah Kemiskinan. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 100–112. https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.128

O’Brien, P. T. (2013). Tafsiran Pilihan Momentum : Surat Efesus (First Edit). Momentum.

Rahayu, S. W., & Benyamin, C. (2020). Penerapan Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Bidang Penguatan Karakter Guru dan Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p29-35

Riniwati, R. (2016). Bentuk Dan Strategi Pembinaan Warga Jemaat Dewasa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat, 1–13.

Riniwati, R. (2020). Pembinaan Guru Sekolah Minggu Untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan Pada Anak. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(2), 185. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i2.247

Ronda, D. (2017). Profesionalisme Pendidik dan Revolusi Mental. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen Dan Call for Papers. http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/18

Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 146–172. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15

Selan, R. F. (2006). Pembinaan Warga Jemaat. Kalam Hidup.

Sembiring, N. (2018). Mengatasi Degradasi Moral Melalui Pembinaan Warga Gereja. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 22–42. http://sttbaptis-medan.ac.id/e-journal/index.php/illuminate/article/view/8

Siahaan, H. E. (2017). Mengajarkan Nasionalisme Lewat Momentum Perayaan Paskah: Refleksi Kritis Keluaran 12:1-51. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 140–155. https://doi.org/10.30648/dun.v1i2.119

Sidjabat, B. S. (2018). Pendidikan Kristen Konteks Sekolah. Penerbit Kalam Hidup.

Silaban, B. B. H., & Hutahaean, H. (2020). Model Pembinaan Remaja di Era Pandemik dengan PA BGA. Jurnal PkM Setia Dharma, 1(9), 53–58.

Sinaga, S., & Jura, D. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Untuk Ibadah Yang Berorientasi Pada Etos Kerja Kristen Bagi Pegawai Pemerintah Di Balai Kota Propinsi DKI Jakarta. Jurnal Shanan, 3(2), 1–25. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1577

Sinaga, S. M. (2017). Negeri Pancasila: Panggilan Inklusif Gereja di Indonesia. In I. P. Darmawan (Ed.), Melaksanakan Amanat Agung di Abad 21. Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Sinamo, J., & Siadari, E. E. (2011). Teologi Kerja Modern dan Etos Kerja Kristiani. Institut Dharma Mahardika.

Siswanto, K. (2016). Tinjauan Teoritis dan Teologis Terhadap Diakonia Transformatif Gereja. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1). https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/8

Siswoyo, H. (2020). Sekolah Minggu Sebagai Sarana dalam Membentuk Iman dan Karakter Anak. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 121–134. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.47

Sitorus, T. T. (2020). Implikasi Pembinaan Pemuda Gereja Atas Faktor-Faktor Penyebab Kasus Hamil di Luar Nikah. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(2), 194. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i2.248

Soeliasih, S. (2019). Penerapan Prinsip Pemuridan Elia dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.23

Sumiwi, A. R. E. (2018). Pembaharuan Pikiran Pengikut Kristus Menurut Roma 12:2. Jurnal Teologi Berita Hidup, 1(1), 46–55. https://doi.org/10.38189/jtbh.v1i1.4

Sunariyanti, S. (2018). Penerapan Etika Kristen dalam Pendidikan Anti Korupsi di Keluarga. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 7(1), 107–120. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.46

Susanto, S. (2016). Kemandirian Jemaat. Sekolah Tinggi Teologi Simpson.

Tafonao, T., Wiwiet Arie Shanty, & Desetina Harefa. (2021). Kurikulum Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 129–143. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.74

Tanya, E. (1999). Gereja dan Pendidikan Agama Kristen, Mencermati Peranan Pedagogis Gereja. Sekolah Tinggi Teologi Cipanas.

Tung, K. Y. (2014). Menuju sekolah Kristen impian masa kini. Penerbit Andi.

Tung, K. Y. (2021). Pernak-Pernik Menuju Sekolah Kristen Unggulan: Buah dan Pokok Pikiran Isu-isu Kurikulum, filsafat, dan strategi menjalankan sekolah Kristen (Pertama). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Wenas, M. L., & Darmawan, I. P. A. (2017). Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(2), 118. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.69

Wijaya, H. (2019). Khotbah untuk Pendidikan Warga Jemaat. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Downloads

Published

2023-06-29