Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pemulihan Sektor Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.695

Keywords:

Mutu, Terpadu, Pendidikan, Covid 19

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang Manajemen Mutu Terpadu dalam pemulihan Sektor Pendidikan Pasca Pandemik covid 19. Dunia pendidikan terkena dampak covid 19 sehingga peserta didik mengalami kehilangan pembelajaran.  Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Terpadu dan Pemulihan Sektor Pendidikan Pasca Covid-19. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja yang menjadi Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Terpadu dan Pemulihan Sektor Pendidikan Pasca Covid-19? Adapun metode yang digunakan ialah metode kepustakaan Penelitian yang menggunakan metode kepustakaan ialah jenis penelitian yang bersifat kualitatif yang biasa dipakai umumnya yang dilakukan dengan cara tidak terjun langsung ke lapangan dalam mencari sumber data karena penelitian ini dilakukan berdasarkan atas karya tertulis seperti jurnal atau buku yang sudah terpublikasi. Hasil prinsip-prinsip Manajemen mutu terpadu ialah berfokus pada pelanggan, perbaikan yang berkelanjutan, komitmen dan pengukuran.  Dalam pemulihan sektor pendidikan pasca covid-19 ialah menerapkankan kurikulum merdeka belajar dan menerapkan model pembelajaran jarak jauh.

Author Biography

Ayang Emiyati, Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran

Sinta ID: 6718451

ORCID ID: http://orcid.org/0000-0003-0707-5251

Competence: Church Education; Christian Education; Kateketika; Contextual Education

S1 Pendidikan Agama Kristen dari STT Simpson Ungaran, S2 Pendidikan Agama Kristen dari STT Intheos Surakarta

References

Arcaro, J. (2007). Pendidikan Berbasis Mutu. Pusaka Pelajar.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

Asmani, J. . (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Diva Press.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Batubara, H. (2022). Analisis Perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Pendidikan. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 258–269. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.169

Darmawan, I. P. A., Rukayah, & Susilowati. (2014). Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah Dasar Solafide School. Simpson, I, 193–204.

Emiyati, A., & Harming. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budayaâ€, 4(1).

Febnesia, H., Nurtanto, M., Ikhsanudin, I., & Abdillah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka. Research and Development Journal of Education, 7(2), 532. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11265

Fitriani, W. L. P., & Kemenuh, I. A. A. (2021). Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 51–62. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/1683

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642

Hayati, N., & Wijaya, M. (2018). Pengelolaan Pembelajaran melalui Blanded Learning dalam Meningkatkan Receptive Skill Peserta Didik di Pondok Pesantren. Palapa, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.64

Kartono, K. (1998). Pengantar Metodologi Research, ALUMNI.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Lewis, R., & Smith, D. . (1994). Total Quality in Higher Education. St.Lucie Press.

Lidan, A., Syahputra, A., Robby, A. D., Hidayat, M., Al-Adawiyah, R., Nur, R., Ma’aruf, R., & Nasution, S. (2023). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. UMSU Press.

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Mirshad, Z. (2014). Persamaam Model pemikiran al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang model motivasi konsumsi. UIN Suang Ampel Surabaya.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Rosdakarya.

Munandar, A. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif.

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 2022.

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Putra, E. E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Paradigma Baru di Sekolah Penggerak).

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Management of Higher Education in Improving the Quality of Education. 6(1), 58–67.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rosyidi, U. (2020). Merdeka Belajar: Aplikasinya Dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: Dalam Mencapai Indonesia Maju 2045.†Universitas Negeri Jakarta.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2275

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education. RCiSoD.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187.

Siregar, R. W., Usnur, U. H., Rahayu, R., Miranda, M., Dewi, M. S., Alfarisi, S., Adriana, M., Ridwan, Ramadhansyah, M., Suriono, Z., Kelana, A., Rinaldi, R., Batubara, M. S., Arifin, Z., Muslim, Nabila, A., Ridwan, F., Amin, A., Tamiang, Y., … Zulhamri. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. In Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya. Pusdikra Mitra Jaya Cetakan.

Subandowo, M., Karyono, H., Gunawan, W., & Andriani, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 1(1), 485–501.

Sunyoto. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Center for Academic Publishing Service.

Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 51–62. https://doi.org/10.21009/jpeb.005.1.4

Undang-Undang No. 20 Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Downloads

Published

2023-06-29