Pemanfaatan Teknologi dalam Penginjilan dan Disiplin Rohani Pemuda Kristen
DOI:
https://doi.org/10.46445/nccet.v3i1.1096Keywords:
Pemanfaatan Teknologi, penginjilan, Disiplin Rohani, pemuda KristenAbstract
Penelitian ini membahas pemanfaatan teknologi dalam penginjilan dan disiplin rohani pada pemuda Kristen, mengingat perkembangan teknologi yang pesat dan pengaruhnya terhadap pola hidup generasi muda. Studi ini dilakukan di lingkungan komunitas pemuda Kristen sebagai upaya menjembatani kesenjangan antara metode tradisional dengan pendekatan digital dalam pelayanan rohani. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi seperti media sosial, aplikasi Alkitab digital, dan platform daring efektif meningkatkan partisipasi dan kedisiplinan pemuda dalam kegiatan keagamaan serta memperluas jangkauan penginjilan. Namun, diperlukan pengelolaan konten yang bijak agar nilai-nilai keagamaan tetap terjaga. Kesimpulannya, teknologi merupakan alat penting dalam mendukung penginjilan dan disiplin rohani pemuda Kristen, sehingga gereja dan lembaga terkait disarankan untuk mengintegrasikan teknologi secara strategis dalam program pembinaan rohani guna menghadapi tantangan zaman.
References
Arifianto, Y. A., Saptorini, S., & Stevanus, K. (2020). Pentingnya Peran Media Sosial dalam Pelaksanaan Misi di Masa Pandemi Covid-19. HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 86–104. https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.39
Bainus, A., & Rachman, J. B. (2023). EDITORIAL: Hubungan Internasional Digital (Digital International Relations). Intermestic: Journal of International Studies, 8(1), 1. https://doi.org/10.24198/intermestic.v8n1.1
Berhitu, R. (2022). Peran Gereja dalam Aktualisasi Amanat Agung bagi Msyarakat di Era Dunia Digital. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 4(2), 204–212. https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.158
Darmawan, I. P. A., & Triastanti, D. (2020). Pola Perwalian Sebagai Pembinaan Akademik, Kerohanian dan Karakter Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.32
Diana, R. (2019). Peran Komunikator Kristen Dalam Strategi Pekabaran Injil Di Era Revolusi Industri 4.0. Integritas: Jurnal Teologi, 1(1), 66–73. https://doi.org/10.47628/ijt.v1i1.3
Diana, R., & Silitonga, A. R. (2021). Konsep Alkitab tentang Peran Roh Kudus dalam Penginjilan. Jurnal Teologi Praktika, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.51465/jtp.v2i1.22
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauzi, R. (2018). Perubahan Budaya Komunikasi pada Pengguna Whatsapp di Era Media Baru. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1). https://doi.org/10.32534/jike.v1i1.44
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Frasquilho, D., Ozer, E. J., Ozer, E. M., Branquinho, C., Camacho, I., Reis, M., Tomé, G., Santos, T., Gomes, P., Cruz, J., Ramiro, L., Gaspar, T., Simões, C., Piatt, A. A., Holsen, I., & Gaspar de Matos, M. (2018). Dream Teens : Adolescents-Led Participatory Project in Portugal in the Context of the Economic Recession. Health Promotion Practice, 19(1), 51–59. https://doi.org/10.1177/1524839916660679
Galang, J. R. F., & Macaraan, W. E. R. (2021). Digital Apostleship: Evangelization in the New Agora. Religions, 12(2), 92. https://doi.org/10.3390/rel12020092
Gulo, A., & Tanasyah, Y. (2022). E-Learning Dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Industrial 4.0. Indonesia Journal of Religious, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.46362/ijr.v5i1.9
Hardiyanto, H., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Siklus Hidrologi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4(1), 159. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.159-166
Hartatik, L., Saputra, M., & Hady, N. (2022). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Sistem E-Siap Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Integralistik, 33(2), 52–59. https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i2.33543
Hia, Y., & Waruwu, E. W. (2023). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pewartaan Injil Dalam Konteks Menggereja. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 6(2), 178–192. https://doi.org/10.47457/phr.v6i2.395
Hulu, V. T., Rita Evimalinda, Faldin Adrianus Bunga, & Sulastri Saleleubaja. (2024). Membuka Imajinasi: Dampak Interaktivitas Multimedia terhadap Pemikiran Kreatif Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 184–198. https://doi.org/10.62282/juilmu.v1i2.184-198
Hura, M. (2024). Upaya Yang dilakukan Orang Kristen Dalam Meningkatkan Kerohanian. THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, dan Misiologia Integratif), 3(1), 60–76. https://doi.org/10.58700/theologiainsani.v3i1.68
Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Dunia Digital vs Dunia Rohani: Dilema Dalam Pertumbuhan Anak. Journal of Education Research, 4(3), 1325–1330. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.476
Kimbio, J. M., Gibson, E., & Mbugua (Ph. D), D. K. (2024). Social Media Use for Evangelization and Vocational Discernment by Priests in the Catholic Archdiocese of Mombasa. Journal of Sociology, Psychology and Religious, 4(6), 45–57. https://doi.org/10.70619/vol4iss6pp45-57
Kiswanto, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembinaan Rohani Siswa. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 4(1), 137–159. https://doi.org/10.46348/car.v4i1.153
Lumantow, A. I. S., & Agung, W. (2021). Orang Kristen dalam Sinergi Penginjilan Digital di Era Disrupsi. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 99–113. https://doi.org/10.55097/sabda.v2i2.33
Makoni, W. I., Pandie, R. D. Y., & Boiliu, E. R. (2022). Relevansi Perspektif Teknologi Pendidikan dengan Pendidikan Agama Kristen. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4616–4626. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2881
Manurung, K. (2020). Efektivitas Misi Penginjilan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 225–233. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.242
Margareta, M., & Lie, R. (2023). Pelayanan Misi Kontekstual di Era Masyarakat Digital. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 44. https://doi.org/10.25278/jitpk.v4i1.842
Molawan, Y. M., & Mosooli, E. A. (2020). Penggunaan Gadget Dalam PAK untuk memperdalam Kerohanian Peserta Didik. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(1), 104–122. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.13
Ndlela, M. N., & Mulwo, A. (2017). Social media, youth and everyday life in Kenya. Journal of African Media Studies, 9(2), 277–290. https://doi.org/10.1386/jams.9.2.277_1
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Pandie, R. D. Y. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5995–6002. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2964
Pouwels, J. L., Valkenburg, P. M., Beyens, I., van Driel, I. I., & Keijsers, L. (2021). Social media use and friendship closeness in adolescents’ daily lives: An experience sampling study. Developmental Psychology, 57(2), 309–323. https://doi.org/10.1037/dev0001148
Prabangkara, B. (2016). Ministry In The Digital World (D. C. Fitriani (ed.); 5 ed.). ANDI Offset.
Prijatelj, K., Kuterovac Jagodić, G., & Dodaj, A. (2024). Sexting Behavior Among Youths. Psihologijske teme, 33(1), 171–189. https://doi.org/10.31820/pt.33.1.9
Pura, J. D. L. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. In Theos : Jurnal Pendidikan dan Theologi, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i1.171
Rachelya, T., Pujiono, A., & Komaling, H. W. (2022). Peranan Pembinaan Rohani Terhadap Pertumbuhan Karakter Pemuda Remaja. EPIGNOSIS: Jurnal Pendidikan Kristiani dan Teologi, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.58232/epignosis.v1i1.3
Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agamma kristen yang Antisipatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1770
Ronda, D. (2016). Pemimpin dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital. Jurnal Jaffray, 14(2), 189. https://doi.org/10.25278/jj71.v14i2.210
Setiadi, D., Nurhayati, S., Ansori, A., Zubaidi, M., & Amir, R. (2023). Youth’s Digital Literacy in the Context of Community Empowerment in an Emerging Society 5.0. Society, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/society.v11i1.491
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Sihaloho, J., & Walui, D. A. E. D. P. (2024). Peran PAK dalam Menghadapi Distraksi Short Video terhadap Konsentrasi Mengerjakan Tugas bagi Kalangan Pelajar Kristen. Jurnal Arrabona, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.57058/juar.v7i1.114
Sudrajat, B., Roma Doni, F., Herlan Asymar, H., & Darrusalam, M. (2022). Edukasi Penggunaan Internet Sehat Dan Aman Bagi Warga Sekitar Musholla An Nur Tanjung Duren Selatan. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 188–194. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.441
Telaumbanua, A., & Butarbutar, R. D. (2022). Misi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Digital di Tengah Masyarakat Plural. CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 86–99. https://doi.org/10.54592/jct.v2i1.69
Wenas, M. L. (2023). Peran Kompetensi Kepribadian Dosen Dalam Pembentukan Disiplin Rohani Mahasiswa STT Simpson. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 104. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.705
Wiryadinata, H., Boiliu, N. I., Hidayat, U. F., & Purba, S. (2024). Pendidikan Keluarga: Perang Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Gereja Kristen Jawa Cilacap Utara. JURNAL Comunita Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 6(1), 37–54. https://doi.org/10.33541/cs.v6i1.5409
Wong, B. L. H., Khurana, M. P., Smith, R. D., El-Omrani, O., Pold, A., Lotfi, A., O’Leary, C. A., & Saminarsih, D. S. (2021). Harnessing the digital potential of the next generation of health professionals. Human Resources for Health, 19(1), 50. https://doi.org/10.1186/s12960-021-00591-2
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Yutersi, N., Fernando, A., & Analita, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kristen melalui Kelompok Tumbuh Bersama terhadap Pertumbuhan Rohani. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i2.22
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Yabes Doma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 Yabes Doma
 Yabes Doma Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia
 Sekolah Tinggi Teologi Simpson Ungaran, Indonesia Scopus ID:
 Scopus ID:  Orcid ID:
 Orcid ID:  SINTA ID:
 SINTA ID: 